Sepak Bola Internasional

Sheikh Jassim Pede Jadi Pemilik Baru Manchester United

Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani telah mengajukan penawaran kedua untuk mengakuisisi Manchester United, dan yakin akan menjadi pemilik baru klub.

Manchester United perpanjang batas waktu penawaran pembelian klub. (Foto: dok. eventmasters)

apahabar.com, JAKARTA - Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani telah mengajukan penawaran kedua untuk mengakuisisi Manchester United, dan yakin akan menjadi pemilik baru klub tersebut dalam waktu dekat.

Ketua Bank Islam Qatar yang juga putra dari mantan perdana Menteri Qatar itu kini bersaing dengan miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe, dan juga pengusaha asal Finlandia Thomas Zilliacus.

Sebelumnya, manajemen klub Setan Merah menambah tenggat waktu yang semula berencana berakhir pada Rabu (22/3) malam waktu Inggris ke batas yang belum ditentukan.

Tender putaran pertama pembelian MU terjadi pada bulan lalu. Menurut laportan The Guardian, ada delapan calon investor yang mengajukan diri di putaran pertama, dengan tawaran paling tinggi sekitar 4,5 miliar poundsterling.

Baca Juga: Spanyol vs Norwegia 3-0: Brace Joselu Catatkan Rekor

Sheikh Jassim menyatakan bahwa minatnya terhadap Manchester United adalah inisiatif pribadi dirinya melalui perusahaan yang ia punya, Nine Two Foundation.

Perwakilan orang kaya Qatar itu sudah datang ke Old Trafford pada pekan lalu untuk melakukan pembicaraan soal rencana pembelian.

Selain itu, di pekan yang sama, Ratcliffe mengunjungi Old Trafford. Pria berumur 70 tahun itu lahir di Manchester dan penggemar United sejak kecil.

Ia adalah salah satu orang terkaya di Inggris dengan kekayaan pribadi diperkirakan sebesar 6 miliar poundsterling. Ratcliffe yang gagal membeli Chelsea pada tahun 2022 kemudian membeli klub asal Prancis, Nice.

Baca Juga: Tanpa Dua Bek Andalan, Southgate Yakin Inggris Menang Lawan Ukraina

Sedangkan pengusaha Finlandia, Zilliacus mengklaim sudah memberikan tawaran kepada pihak Manchester United.

Zilliacus adalah pendiri sekaligus ketua perusahaan investasi Mobile FutureWorks dan ingin membeli The Red Devils. Ia berencana membagi kepemilikan klub 50:50 dengan para suporter, untuk melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan klub.

Selain ketiga nama tersebut, perusahaan asal Amerika US Hedge Fund Elliot Management juga dikabarkan tengah menyusun proposal penawaran, untuk ikut meramaikan bursa calon pemilik baru Manchester United.