Kalsel

Seusai Salat Istisqa, Hujan Menyapa Marabahan

apahabar.com, MARABAHAN – Doa ribuan warga Marabahan dan sekitarnya, tampaknya diijabah Allah SWT. Meski hanya beberapa…

Ribuan warga Marabahan melakukan salat istisqa di Lapangan 5 Desember, Rabu (25/9). Foto – apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Doa ribuan warga Marabahan dan sekitarnya, tampaknya diijabah Allah SWT. Meski hanya beberapa menit, hujan menyapa Kota Bahalap, Rabu (25/09).

Istisqa yang dilakukan warga Marabahan berlangsung di Lapangan 5 Desember. Selain warga sekitar, baik pria maupun wanita, salat yang diimami Ustaz Fakhruddin tersebut juga diikuti Wakil Bupati Barito Kuala, Rahmadian Noor, serta siswa siswi SMAN 1 Marabahan.

Dalam khutbah singkat sesuai salat, KH Muhammad Noor mengajak masyarakat mengintrospeksi diri, terkait pelaksanaan kewajiban dan kebajikan sebagaimana perintah Allah SWT.

“Kalau menjadi pemimpin, apakah sudah bersikap adil dan bijaksana? Sebagai seorang aparat, apakah sudah bersikap jujur dan amanah? Sebagai suami atau ayah, apakah sudah memberi nafkah, pendidikan dan perhatian?” papar Muhammad.

“Sebenarnya berdasarkan tuntunan Alquran dan hadis, banyak hal yang bisa dilakukan untuk memohon hujan. Di antaranya memperbanyak istigfar, bertobat dan istiqamah,” tandasnya.

Ternyata doa ribuan orang tersebut langsung dijawab Tuhan. Setelah Marabahan dikelilingi mendung sejak pukul 11.00 Wita, perlahan titik-titik air turun dari langit mulai pukul 13.55 Wita.

Hujan pertama memang tidak terlalu lebat dan sempat terhenti sekitar 5 menit. Tidak sampai 5 menit kemudian, hujan yang lebih lebat mulai membasahi Marabahan.

Sama seperti hujan pertama, durasi hujan kedua juga tidak lama. Namun demikian, hujan tersebut sudah patut disyukuri.

“Diberi sedikit atau banyak, semua patut bersyukur. Setidaknya hujan selama beberapa menit ini membuat udara sedikit lebih segar,” papar Widya, warga Jalan Panglima Wangkang Marabahan.

Sebenarnya hujan sudah menyapa Batola sejak 20 September 2019, tepatnya di kawasan Anjir Pasar. Kemudian Alalak dan Wanaraya beberapa hari berselang.

Tidak hanya di Marabahan, sejumlah kecamatan juga telah menggelar salat istisqa dalam sepekan terakhir.

Baca Juga: HST Bebas Pertambangan dan Sawit sampai 2025

Baca Juga: Sudah Definitif, Ini Penekanan Ketua DPRD Batola

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Aprianoor