Sport

Setelah APRC, Pereli Binuang Rihan Variza Jajal Kejuaraan Nasional Selandia Baru

apahabar.com, BANJARMASIN – Pernah merasakan gelar juara seri Asia Pacific Rally Championship (APRC), HM Rihan Variza…

Menggeber Toyota Yaris GR AP4, HM Rihan Variza bersiap mengikuti national event yang menjadi rangkaian WRC Selandia Baru. Foto: HRVRT

apahabar.com, BANJARMASIN – Pernah merasakan gelar juara seri Asia Pacific Rally Championship (APRC), HM Rihan Variza juga menjajal rangkaian World Rally Championship (WRC) di Selandia Baru, Kamis (29/9).

WRC di Selandia Baru merupakan seri kesebelas dari keseluruhan rangkaian WRC 2022. Ini merupakan seri pembuka di Asia, sebelum balapan penutup musim di Jepang.

Selain WRC, WRC2, WRC3 dan WRC junior, juga digelar national event atau kejuaraan nasional. Event inilah yang diikuti Rihan Variza di Selandia Baru.

Meski bertajuk national event, tetap saja peserta kategori ini tidak sembarangan. Selain peserta yang cukup banyak, kompetitor juga berasal dari berbagai negara.

Tak hanya Selandia Baru, mereka yang terdaftar dalam national event di antaranya berasal dari Australia dan Jepang.

Rihan Variza sendiri sama sekali belum pernah merasakan atmosfer kompetisi WRC2. Namun pereli kelahiran Binuang, Tapin, ini memiliki kenangan manis di event rally internasional lain.

Ketika APRC 2019 seri kedua berlangsung di Ambung Sialang Hilir, Medan, Sumatera Utara, Rihan berhasil menjadi juara.

Mengendarai Mazda2 AP4 dan dipandu Andi Rendy sebagai navigator, Rihan mengalahkan sejumlah pereli nasional seperti Priamanaya Djan dan Aldrian Suwandi, serta Fabio Friserio dari Italia.

“Awalnya saya sempat tak berharap bisa berpartisipasi, karena dikabarkan mobil belum siap. Saya juga menolak ketika ditawari mobil pengganti dari merek berbeda,” papar Rihan Variza.

Baca juga:Diguyur Hujan Lebat, Pereli Kalsel HM Rihan Variza Juarai Kejurnas Sprint Rally 2021

Baca juga:Bos HRVRT Borong Dua IMI Kalsel Award

Belakangan Force Motor Sport yang menggarap mobil Rihan di Selandia Baru, memastikan semua berjalan sesuai rencana.

Akhirnya pemilik H Rihan Variza Racing Team (HRVRT) itu pun tetap akan mengemudikan Toyota Yaris GR AP4 di WRC2 Selandia Baru, serta ditemani navigator senior Anthony Sarwono.

“Kami tak memiliki target apapun, tetapi ini dipastikan akan menjadi pengalaman berharga. Di sisi lain, akhirnya Kalsel memiliki pembalap yang pernah merasakan atmosfer WRC,” imbuh Rahman Noor Wahyudi, Team Official HRVRT.

Sama seperti WRC yang akan diikuti pereli dunia semacam Sebastian Loeb, Sebastien Ogier hingga Kalle Rovanperä, national event menempuh jarak sejauh 279,80 kilometer dalam 17 Special Stage (SS).

Adapun rangkaian balapan dimulai dengan shakedown dan SS1 sejauh 1,40 kilometer. Dilanjutkan leg pertama, Jumat (30/9), sebanyak 6 SS dan menempuh jarak 127,98, kilometer.

Kemudian leg kedua, Sabtu (1/10), juga berjumlah 6 SS dengan jarak tempuh 88,12 kilometer. Terakhir leg ketiga, Minggu (2/10) sebanyak 5 SS dengan jarak tempuh 30,34 kilometer.