Kalsel

Senin Depan, TPS Dekat Makam Pangeran Antasari Ditutup

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Banjarmasin akan menutup Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kuburan Muslimin…

Pemkot Banjarmasin akan menutup Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kuburan Muslimin Malkon Temon, Senin depan (16/11). Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Banjarmasin akan menutup Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kuburan Muslimin Malkon Temon, Senin depan (16/11).

Praktis, aktivitas warga membuang sampah dipindahkan ke TPST Belakang Gedung Taekwondo Sultan Adam.

"Kita sekarang masih sosialisasi dengan pembuang dan pasang pengumuman," ujar Kabid Kebersihan DLH Banjarmasin Marzuki ketika dihubungi apahabar.com.

Terdapat beragam alasan TPS kuburan muslimin baru ditutup.
Utamanya karena masyarakat meminta agar TPS yang berdekatan dengan Makam Pangeran Antasari segera dipindah.

"Kita memperhatikan saran masukan warga," ucapnya.

Alasan lain, lahan yang tersedia belum ada yang siap difungsikan sebagai TPS penganti. Sementara lahan pengganti di sekitarnya juga sulit didapatkan.

Namun, lahan berhasil didapatkan di belakang gedung taekwondo Sultan Adam. Lahan tersebut milik Pemkot Banjarmasin.

"Kenapa taekwondo? Karena di sana juga selama ini berfungsi sebagai TPS berbasis 3 R sama dengan di TPS kuburan muslimin ini yang juga TPS3R," ucapnya.

Dia pun meminta warga Surgi Mufti, Antasan Kecil Timur, Sungai Miai dan Sungai Jingah untuk membuang sampah ke TPS yang berada di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.