Tak Berkategori

Semua Pusat Perbelanjaan di Balikpapan Ditutup Saat Lebaran

apahabar.com, BALIKPAPAN – Pemerintah Kota menyatakan penutupan terhadap pusat perbelanjaan seperti mall, pasar ataupun retail modern…

Oleh Syarif
Ilustrasi pusat perbelanjaan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Pemerintah Kota menyatakan penutupan terhadap pusat perbelanjaan seperti mall, pasar ataupun retail modern saat Idulfitri nanti. Hal ini guna mencegah kerumunan yang terjadi di hari pertama hari raya.

Kasatpol PP Balikpapan, Zulkifli mengatakan bahwa pihaknya telah menyampaikan edaran terbaru dari Wali Kota kepada masyarakat terkait penutupan pusat perbelanjaan di tanggal 13 Mei nanti.

“Semua pusat belanja dalam kategori Mall dan Plaza di wilayah kota Balikpapan pada tanggal 13 Mei atau pas perayaan Idul Fitri itu semuanya ditutup,” kata Zulkifli.

Kabar tersebut tentu menjadi pertanyaan bagi masyarakat dan pelaku usaha di mall itu sendiri. Salah satunya terkait pusat belanja sembako dan kebutuhan warga yang ada di dalam mall apakah masih bisa dibuka atau tidak. Zulkifli menegaskan bahwa penerapan penutupan tersebut secara total.

“Tadi ada yang konfirmasi apakah hypermart yang menjual sembako boleh buka, saya bilang tidak. Karena nanti masyarakat melihat dikiranya buka jadi itu harus tutup secara total,” ungkapnya.

Masyarakat pun diminta agar memahami situasi pandemi yang masih berlangsung. Pemkot tidak menginginkan adanya lonjakan kasus seperti di India.

“Jangan sampai ada lonjakan kasus kayak di India yang habis kegiatan perayaan keagamaan. Jadi kami imbau kepada masyarakat agar tetap patuhi aturan yang ada dan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” pungkasnya.