Kalsel

Sempat Mati Suri, Karang Taruna Kota Banjarmasin Diupayakan Hidup kembali

apahabar.com, BANJARMASIN – Kondisi Karang Taruna Kota Banjarmasin saat ini bisa dikatakan mati suri. Untuk itu,…

Karang Taruna Kota Banjarmasin menyambangi Komisi IV DPRD Banjarmasin, Rabu (11/3). Foto-apahabar.com/Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARMASIN - Kondisi Karang Taruna Kota Banjarmasin saat ini bisa dikatakan mati suri. Untuk itu, Komisi IV DPRD Banjarmasin bersama Dinas Sosial memberikan dorongan kepada Karang Taruna yang masih aktif saat ini untuk kembali menggerakkan program Karang Taruna Kota Seribu Sungai.

Dikemukakan Ketua Karang Taruna Kota Banjarmasin, Arbaniansyah, pihaknya atas saran Dinas Sosial, kembali bergerak menghidupkan Karang Taruna.

"Karang Taruna saat ini perlu dukungan pemerintah, kedatangan kami ke Komisi IV bertepatan dengan bidang kemasyarakatan, salah satunya membidangi Karang Taruna untuk mendapatkan masukan," ujarnya saat mengunjungi Komisi IV DPRD Banjarmasin, Rabu (11/3).

Ia menerangkan, meski selama ini Karang Taruna di Kota Banjarmasin boleh dikatakan mati suri, tapi pada dasarnya ada sekitar 30 Karang Taruna masih aktif dari 52 Kelurahan.

"Kami telah meminta pada Walikota dan telah direspon, sehingga keluar Surat Edaran Walikota yang mewajibkan setiap kelurahan minimal membentuk satu Karang Taruna," terangnya.

Arbaniansyah mengaku, dengan dukungan Dinsos dan Komisi IV, sekarang sudah dapat membentuk 50 persen Karang Taruna.

"Kami masih memohon dukungan pemerintah. Kedatangan kami ke sini merespon paling tidak ada monitoring ke pemerintah untuk mengawal edaran itu, sehingga Karang Taruna dapat terbentuk di seluruh Kelurahan," sebutnya.

Bahkan Arbaniansyah mengungkapkan, dalam waktu dekat akan melaksanakan agenda kemah keakraban Karang Taruna.

"Kami ingin menunjukkan ke masyarakat selama ini image Karang Taruna itu kaku justru tidak seperti itu lagi. Insya Allah agenda ini dilaksanakan di Sungai Biuku, ini sebagai menyampaikan lokasi wisata itu ke masyarakat," jelasnya.

Sementara, Ketua Komisi IV Matnor Ali menyampaikan, Karang Taruna yang ada di Banjarmasin memang perlu dihidupkan lagi.

"Inikan orangnya masih ada, hanya saja tidak diayomi. Cara jemput bola Dinsos dan Komisi IV ini akhirnya bisa menghidupkan lagi Karang Taruna. Dinsos menyambut baik saran kami," jelasnya.

Karang Taruna, bagi Politisi Golkar ini sudah ada mempunyai program-program kerja, yang artinya dapat membantu membangun Kota Banjarmasin.

"Dengan Karang Taruna ada di tengah masyarakat, ini mengurangi kegiatan pemuda-pemuda yang negatif. Mudah-mudahan di tahun 2020 ini dianggarkan, akan saya kawal dan pemerintah juga dapat memberikan stimulan menggerakkan Karang Taruna," pungkasnya.

Baca Juga:Mati Suri,Ratusan Ormas Bakal Diverifikasi

Baca Juga:Mati Suri, Honorer Balangan Butuh Wadah Aspirasi

Baca Juga:'Mati Suri', Pemkab Banjar Siap Hidupkan Kembali Akbid Martapura

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Muhammad Bulkini