Hot Borneo

Sempat Kebanjiran, Lantai Dasar Bandara Sepinggan Sudah Aman

apahabar.com, BALIKPAPAN – Sempat kebanjiran selama beberapa jam, Kamis (25/8), lantai dasar Bandara Sultan Aji Muhammad…

Kondisi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan setelah luapan air teratasi. Foto: Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN - Sempat kebanjiran selama beberapa jam, Kamis (25/8), lantai dasar Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, dijamin sudah aman.

Hujan deras melanda Balikpapan sejak dini hari. Tak hanya menggenangi jalanan, air juga meluap dan memasuki lantai dasar bandara atau pelataran terminal kedatangan.

Untungnya kondisi tersebut tidak bertahan lama. Melalui berbagai upaya mengeluarkan genangan, aktivitas di Bandara SAMS kembali normal.

“Air memang sempat memasuki area pelataran terminal kedatangan sejak sekitar pukul 03.00 Wita,” jelas Rika Danakusuma, General Manager Bandara SAMS.

“Namun semua petugas yang berjaga, dapat menghalau air yang akan masuk lebih ke dalam lagi. Upaya lain adalah membuka mainhole di sekitar pickup zone untuk mempercepat penyerapan air,” imbuhnya.

Baca juga:Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Kebanjiran

Diyakini genangan tersebut hanya disebabkan intensitas hujan. Di sisi lain, Rika mengklaim sistem drainase Bandara SAMS tidak satupun yang tersumbat..

Sementara dalam upaya menjaga operasional bandara tetap berlangsung baik, dilakukan mitigasi berupa penutupan sementara area yang terdampak.

Kemudian membuka jalur emergency, sehingga penumpang yang datang tidak terganggu.

“Sekitar pukul 08.12 Wita, area sudah bersih. Pun proses pembersihan tidak mengganggu operasional bandara,” tandas Rika.