Darurat Karhutla

Sempat Delay, Penerbangan Bandara Syamsudin Noor Kalsel Kembali Normal

Penerbangan di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru Kalsel sempat delay karena kabut asap. Kini, penerbangan kembali normal.

Penerbangan di Bandara Internasional Syamsudin Noor kembali normal. Foto-apahabar.com/Hasan

apahabar.com, BANJARBARU - Penerbangan di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru Kalimantan Selatan (Kalsel) sempat delay karena kabut asap. Kini, penerbangan kembali normal.

"Tadi pagi sempat delay, tapi saat ini sudah kembali normal," kata Humas Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, Iwan Risdianto, Selasa (5/9).

Untuk itu, Iwan meminta penumpang maklum atas keterlambatan jadwal penerbangan. Sebabnya, keterlambatan itu bukan kesalahan maskapai, tapi murni faktor alam.

Baca Juga: Antisipasi Karhutla, Tahura Sultan Adam Kalsel Ditutup Sementara

Baca Juga: Antisipasi Karhutla di Kalsel, KLHK Gandeng Sejumlah Pihak Terkait

"Sebenarnya pagi tadi itu bisa saja dipaksakan terbang, tapi kami tidak ingin mengambil risiko," ujarnya.

Iwan menambahkan, jarak pandang pagi tadi hanya 300 sampai 500 meter. Normalnya, jarak pandang penerbangan pesawatminimal 1.000 meter untuk standar keselamatan penerbangan.

Untuk diketahui, kendala penerbangan akibat kabut asap ini merupakan yang pertama kali terjadi di tahun 2023. Meski kembali normal, pihaknya memprediksi kejadian pagi tadi akan terjadi lagi beberapa hari ke depan.