Sport

Semifinal, Degradasi dan Promosi UEFA Nations League

apahabar.com, JAKARTA – Babak kualifikasi UEFA Nations League A telah selesai digelar. Hanya terdapat empat tim…

Timnas Spanyol menjadi salah satu tim yang lolos ke semifinal UEFA Nations League(Foto : UEFA Nations League)

apahabar.com, JAKARTA - Babak kualifikasi UEFA Nations League A telah selesai digelar. Hanya terdapat empat tim yang berhak lolos ke fase selanjutnya. Babak 'Semifinal' rencananya akan digelar pada 14-15 Juni 2023 mendatang.

Adapun, edisi ketiga UEFA Nations League kendatinya sudah berlangsung sejak juni lalu. Seluruh pertandingan fase grup telah diselesaikan pada Rabu (28/9) dini hari WIB.

Hanya terdapat empat negara yang akan berlaga di fase Semifinal yaitu, Kroasia, Italia, Belanda, dan Spanyol.

Dari keempat negara yang lolos ke babak selanjutnya merupakan tim yang menjadi pemuncak klasemen di masing-masing grup.

Masing-masing juara grup nantinya akan bertemu kembali di fase semifinal untuk bersaing memperebutkan trofi bergensi tersebut.

Sedikit informasi, UEFA Nations League merupakan kompetisi buatan UEFA yang dikhususkan untuk memanaskan laga-laga internasional ketika jeda pertandingan reguler klub.

Daftar tim lolos ke fase Semifinal UEFA Nations League

  1. Kroasia

Kroasia menjadi salah satu tim yang lolos ke fase semifinal. Negara peringkat 15 Dunia ini berhasil menjadi juara Grup A1 dengan mengoleksi poin 13 dari empat kali kemenangan dari enam pertandingan yang mereka jalani.

Sementara, posisi kedua Grup A1 diisi oleh timnas Denmark yang hanya terpaut satu poin dari pimpinan teratas Grup A1. Luka Modric dkk juga menyingkirkan negara kuat lain seperti Prancis dan Austria.

  1. Spanyol

Selanjutnya, terdapat La Furia RojaSpanyol yang berhasil jadi juara salah satu grup neraka yang diisi negara tangguh seperti Portugal, Republik Ceko dan Swiss. Dalam laga penentuan dini hari tadi mereka berhasil mengalahkan pesaing terdekatnya Portugal dengan skor 1-0. Satu-satunya gol dicetak Striker Atletico Madrid, Alvaro Morata.

Anak asuh Luis Enrique itu sukses mengumpulkan 11 poin dari enam pertandingan dengan meraih tiga kali kemenangan.

Sedangkan, di urutan kedua Grup A2 diisi oleh Portugal yang hanya terpaut satu poin dari Spanyol.

  1. Italia

Grup A3 mungkin jadi grup terberat di Fase Grup UEFA Nations League. Italia, Jerman, Inggris dan Hongaria adalah empat negara dengan kekuatan merata. Namun hasilnya, Negeri Pizza Italia yang berhasil lolos ke fase semifinal UEFA Nations League setelah berhasil menggeser puncak pimpinan klasemen Grup A3 Hungaria di laga terakhir. Di pertandingan itu Italia berhasil mengalahkan Hungaria dengan skor 2-0 di laga penentuan kedua tim.

Gli Azzurri menjadi juara Grup A3 dengan meraih tiga kemenangan dari enam pertandingan yang mereka jalani dan mengoleksi 11 poin.

Sedangkan, Hungaria berada di peringkat kedua klasemen yang hanya tarpaut satu poin dari Italia yang berada di puncak klasemen.Kemenangan ini sekaligus jadi pelipur lara bagi para tifosinya, pasalnya, Italia gagal lolos ke Piala Dunia Qatar bulan November tahun ini.

  1. Belanda

Terakhir, ada negeri kincir angin Belanda yang berhasil mengamankan tiket semifinal UEFA Nations League.

Belanda merupakah satu-satunya tim yang berhasil mengoleksi poin paling banyak dibandingkan dengan tim lain yang lolos ke fase semifinal.

Memphis Depay cs berhasil mengumpulkan perolehan 16 poin dari enam pertandingan yang mereka jalani. Der Oranje meraih 5 kemenangan dan 1 kali imbang.

Dari hasil hampir sempurna itu, skuad asuhan Louis Van Gaal berhasil menjadi juara Grup A3 dengan perolehan poin paling tinggi dari negara-negara lainnya.

Hasil Pertandingan dini hari Rabu (28/9)

Portugal 0 – 1 Spanyol

Norway 0 – 2 Serbia

Switzerland 2 – 1 Republik Ceko

Swedia 1 – 1 Slovenia

Hasil UEFA Nations League 2022/2023

Semifinal: Kroasia, Spanyol, Italia, Belanda

Degradasi ke Liga B: Austria, Republik Ceko, Inggris, Wales

Promosi ke Liga A: Skotlandia, Israel, Bosnia and Herzegovina, Serbia