Kalsel

Seluruh Aparatur Desa Balangan Dilatih Mengatur Perubahan APBDes

apahabar.com, PARINGIN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Balangan, menyelenggarakan Pelatihan Teknik Penyusunan Peraturan…

Pelatihan Teknik Penyusunan Peraturan Desa tentang Perubahan APDdes TA 2019 di Balangan. Foto-apahabar.com/Agus Suhadi.

apahabar.com, PARINGIN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Balangan, menyelenggarakan Pelatihan Teknik Penyusunan Peraturan Desa tentang Perubahan APBDes TA 2019, di Aula Mayang Maurai Kecamatan Paringin.

Pelatihan ini ditujukan kepada seluruh aparatur desa se Kabupaten Balangan.

Bupati Balangan yang diwakili Asisten I Gunawan menyampaikan, dalam pengelolaan keuangan desa, perubahan anggaran di tengah-tengah berjalannya tahun anggaran itu hal biasa.

Ia menyebutkan, jika perubahan anggaran bukan hanya ada di APBDes, tetapi juga di APBD dan APBN.

“Perubahan ini merupakan salah satu respon kita terhadap perkembangan situasi, serta untuk menyesuaikan adanya perubahan pendapatan, belanja dan pembiayaan,” ujar Gunawan.

Ia juga mengapresiasi kepada jajaran DPMD, Kecamatan dan seluruh kepala Desa, karena Balangan dalam penyaluran dana desa tahap 1 dan 2 tahun anggaran 2019 ini jadi yang tercepat se Kalsel.

“Bahkan untuk tahap 3 ini, Balangan adalah kabupaten pertama se-Indonesia yang sudah tersalurkan dana desa,” ungkapnya bangga.

Dengan capaian tersebut, ia berharap penyaluran yang cepat bukan hanya menjadi kebanggaan.

“Tetapi juga memberi ruang gerak yang lebih luas bagi kepala desa, untuk mengatur kegiatan-kegiatan dan lebih cepat mencapai target-target. Jadi, penyaluran yang cepat itu harus diimbangi dengan pengelolaan waktu yang efisien,” harap Gunawan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Balangan, Urai Nur Iskandar menyebutkan capaian ini merupakan suatu langkah konkrit yang positif terhadap perbaikan pengelolaan keuangan desa.

“Kedepan, Desa di Balangan saya yakin dengan dukungan penuh supra desa dan komitmen yang kuat dari kepala desa, maka akan mampu mendapat capaian lebih dari apa yang kita peroleh saat ini,” tandas Urai.

Baca Juga:20 Persen APBDes untuk Penanggulangan Kemiskinan di HSS

Baca Juga:Baru Jadi Pjs Kades, FM Sudah Tersangkut Kasus Dugaan Korupsi APBDes di Kalteng

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin