Selamat! DLH Juarai Kalsel Innovation Award 2024 Melalui One Landscape

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalimantan Selatan berhasil meraih juara pertama pada ajang Kalsel Innovation Award 2024 dalam kategori One Landscape.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana. Foto: bakabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berhasil menjuarai Kalsel Innovation Award 2024 dalam kategori SKPD Pemprov Kalimantan Selatan melalui inovasi bernama One Landscape.

Prestasi tersebut menjadi bukti konkrit dari komitmen DLH Kalsel dalam menciptakan berbagai inovasi yang mendukung pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

"Penghargaan yang diperoleh adalah hasil kerja keras seluruh pihak dalam menciptakan solusi inovatif untuk menjawab tantangan lingkungan di Kalsel," papar Kepala DLH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, Jumat (4/10).

One Landscape sendiri adalah inovasi pelayanan kabupaten/kota terkait perizinan penyusunan kajian lingkungan hidup strategis, serta penyediaan data-data yang dapat diakses luas. 

"Melalui inovasi One Landscape, kabupaten/kota dapat berbagi data yang sama sehingga diharapkan informasi pembangunan lingkungan hidup bisa diakses dengan mudah," jelas Hanifah.

Kalsel Innovation Award 2024 diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi terhadap lembaga-lembaga pemerintahan dan masyarakat yang terus berinovasi untuk kemajuan daerah.

Dalam kategori SKPD Pemprov Kalsel, Biro Pengadaan Barang dan Jasa menempati peringkat kedua dengan Inovasi Sistem Informasi Pemantauan dan Evaluasi PBJ atau Simantev. Sedangkan Dinas Kehutanan dengan Inovasi Tropical Rain Forest Education atau Trainforeste menduduki peringkat tiga.

Sedangkan kategori SKPD kabupaten/kota dimenangi RSUD Hadji Boejasin Pelaihari dengan Aplikasi Bisa (Boejasin Information System And Application).

Disusul Pemko Banjarmasin di urutan kedua dengan inovasi Dikayuh Baimbai sebagai upaya penanganan kumuh dengan digitalisasi dan kolaborasi, serta Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa Sekretariat Daerah Hulu Sungai Selatan melalui Inovasi Si-Open HSS di peringkat ketiga.