Kalteng

Sekolah di Kapuas Diliburkan Selama Ramadan, Ini Gantinya

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Selama Ramadan 1442 Hijriah proses belajar mengajar baik belajar dari rumah (BDR)…

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat saat meninjau ujian sekolah di SMP Negeri 1 Kecamatan Kapuas Kuala beberapa waktu lalu. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Selama Ramadan 1442 Hijriah proses belajar mengajar baik belajar dari rumah (BDR) maupun pembelajaran tatap muka (PTM) di Kabupaten Kapuas, Kalteng, diliburkan.

Sebagai gantinya peserta didik yang beragama Islam secara mandiri melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan dengan mempedomani kartu kendali.

"Kartu kendali berisi berbagai pedoman dalam menjalankan ibadah puasa,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, Suwarno Muriyat di Kuala Kapuas, Jumat (16/4).

Dalam kartu kendali tersebut terdapat pula kolom kegiatan harian mulai dari melaksanakan salat lima waktu, salat sunah, puasa, tadarus Al-Qur'an maupun amaliah lainnya.

Menurut Suwarno, dirinya telah memberikan arahan kepada guru pendidikan agama Islam melalui Korwil dan Kepsek agar kartu kendali itu diisi dengan kegiatan yang riil dilaksanakan.

“Aspek kejujuran menjadi hal utama dalam pengisian kartu kendali itu serta catatan penting dari peserta didik menjalankan protokol kesehatan, sebagai adaptasi kebiasaan baru dimasa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Kartu kendali nantinya akan diserahkan kembali oleh peserta didik kepada gurunya setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Sedangkan bagi peserta didik yang beragama lain agar menyesuaikan dengan ajaran dan ibadah masing-masing.

"Saya mengajak kepada semua peserta didik dan pendidik agar selama bulan ramadan ini senantiasa menjalankan ibadah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” pungkas Suwarno Muriyat.