Tak Berkategori

Sejak 2017 Media Center Banjar Selalu Jadi Terbaik Nasional

apahabar.com, MARTAPURA – Media Center (MC) Kabupaten Banjar tahun ini kembali meraih penghargaan sebagai salah satu…

Kepala Diskominfo, Statistik, dan Persandian Banjar, HM Aidil Basith beserta jajaran mengikuti webinar penyerahan penghargaan Media Center terbaik se-Indonesia, Rabu (22/7). Foto-Istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Media Center (MC) Kabupaten Banjar tahun ini kembali meraih penghargaan sebagai salah satu Media Center terbaik se-Indonesia.

Media Center yang dikelola Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian ini berhasil menjadi terbaik kedua katagori kontributor foto info publik di bawah Biro Humas Protokol Setda Pemprov Gorontalo sebagai juara pertama.

Penghargaan serupa juga telah diterima Media Center Banjar sejak tahun 2017 hingga 2020 ini secara berturut-turut.

Di masa pandemi, penghargaan kali ini disampaikan melalui webinar media center yang dilaksanakan Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo, Rabu (22/7).

Webinar diikuti oleh Media Center seluruh Indonesia yang dibina oleh Kementerian Kominfo RI.

Tampil sebagai keynote speaker, Widodo Muktiyo, selaku Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo RI.

Sedangkan sebagai narasumber Redaktur Pelaksana InfoPublik.id Ahmed Kurnia dan Redaktur Pelaksana Indonesia.go.id, Elvira Inda Sari.

Media Center Kabupaten Banjar memang kerap menerima penghargaan serupa, bersaing dengan sekitar 250 lebih media center baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

Pada 2017 menjadi terbaik pertama kategori foto dan terbaik kesepuluh kategori berita. 2018, meraih penghargaan kategori foto terbaik kedua dan pada 2019 meraih penghargaan sebagai terbaik ketiga kategori foto. Sedangkan tahun 2020 ini kembali berprestasi dengan menjadi terbaik kedua kategori foto.

Media center merupakan sarana penyebaran informasi publik, baik terkait program kerja dan kegiatan pemerintah daerah serta infromasi lainnya yang bersifat edukasi dan penyuluhan.

Selain itu, media center juga sebagai wadah bagi masyarakat mengakses informasi terkait kebijakan pemerintah, serta pembelajaran bagi masyarakat terutama di bidang teknologi informasi.

Widodo Muktiyo mengemukakan pentingnya kolaborasi, termasuk dalam desiminasi informasi baik dengan sesama instansi pemerintah, maupun dengan kalangan swasta baik di tingkat nasional maupun di daerah.

"Insan media center mesti bekerja dengan cara-cara milenial seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Tantangan kita sebagai pelaku deseminasi informasi pemerintah bagaimana menjangkau semua kalangan, semua lini ke seluruh daerah," ujarnya.

Widodo menyampaikan selamat dan terima kasih kepada media center Kabupaten Banjar serta media center lainnya yang berkontribusi pada penyebaran informasi pembangunan daerah.

Editor: Puja Mandela