Kalteng

Segera Lapor, Warga yang Pernah Kontak Erat dengan Sugianto Sabran

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Sugianto Sabran dilaporkan telah terpapar Covid-19. Praktis, warga yang pernah melakukan kontak…

ewat sebuah video, Sugianto Sabran mengumumkan bahwa dirinya terpapar Covid-19. Foto-Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Sugianto Sabran dilaporkan telah terpapar Covid-19.

Praktis, warga yang pernah melakukan kontak dengan calon gubernur Kalimantan Tengah itu diminta melapor ke puskesmas terdekat.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 tengah melakukan pelacakan kontak erat ke gubernur non-aktif Kalteng itu.

“Secara umum prosedur standar kami sama kepada semua pasien, perlakuannya pun sama,” kata Wakil Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng Suyuti Syamsul, Kamis (19/11) dilansir Antara.

Koordinasi dengan satgas kabupaten dan kota guna melakukan pelacakan terhadap kontak erat telah dilakukan.

Sugianto dilaporkan tengah melakukan isolasi mandiri sesuai prosedur yang berlaku dan di bawah pengawasan tenaga kesehatan.

“Jadi itu dulu sementara yang kami lakukan. Prinsipnya apa yang kami lakukan sama, seperti kasus-kasus lainnya secara umum,” ujar kepala Dinas Kesehatan Kalteng itu.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada cara lain guna mencegah penularan Covid-19 selain menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Untuk itu pihaknya mengimbau kepada semua pihak terkait penyelenggaraan pilkada serentak, baik pasangan calon, tim sukses maupun masyarakat, agar selalu berusaha menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

Protokol kesehatan dimaksud, meliputi disiplin menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir maupun cairan pembersih tangan menjaga jarak, serta mencegah maupun menghindari kerumunan.