Megaproyek IKN

Segera! Bandara VVIP IKN Groundbreaking 1 November

Bandara VVIP di IKN siap groundbreaking pada 1 November nanti. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meletakan batu pertamanya.

Ilustrasi Bandara VVIP IKN. Foto: Angkasa Pura II

apahabar.com, JAKARTA - Bandara VVIP di IKN siap groundbreaking pada 1 November nanti. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meletakan batu pertamanya.

"Tanggal 1 mungkin. Tanggal 1 November," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip, Senin (23/10).

Kata dia, bandara itu baal menjadi pintu masuk langsung ke IKN. Yang mana diharapkan bisa membuat para investor lebih cepat ke ibu kota.

Baca Juga: Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri Diminta Promosikan IKN

"Ya, lebih cepat investor masuk karena lebih dekat. Jadi orang bisa masuk situ langsung deg, langsung di IKN kan," tuturnya.

Di samping itu, dia juga mengatakan progres pembangunan IKN yang sudah lebih dari 30 persen.

Namun, Basuki belum menjelaskan detail apa saja yang telah tuntas. "Waduh, kalau persentasenya saya belum ada," ujar Basuki.

Di samping itu, nantinya Jokowi juga akan meninjau progres pembangunan IKN pada 1 November. Setelah melakukan kunjungan kerja ke Sumatera.

"1 November, sambil groundbreaking VVIP Bandara. Kan Rabu ke Sumbar, Kamis ke Palembang," tutur Basuki.

Baca Juga: IKN Hanya Sisakan Lansia untuk Jakarta

Penting untuk tahu. Merujuk laman LPSE Kementerian PUPR. Nilai paket konstruksi fisik pemenuhan sebagian kebutuhan pembangunan Bandara VVIP IKN (sisi landasan udara) mencapai Rp4,28 triliun. Dananya bersumber dari APBN 2023.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merincikan beberapa hal soal Bandara VVIP IKN. Terutama landasan pacunya.

Kata dia, Bandara VVIP IKN nantinya memiliki runway 3.000x45 meter. Mampu didarati pesawat berbadan besar jenis Boeing 777-300 ER dan Airbus A380.