Pemkab Kotabaru

Sederet Keunggulan Satu Data Indonesia Mulai Disosialisasikan di Kotabaru

apahabar.com, KOTABARU – Memiliki banyak manfaat dan keunggulan, Satu Data Indonesia (SDI) mulai disosialisasikan di Pemkab…

SDI mulai disosialisasikan di Pemkab Kotabaru. Foto : Istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Memiliki banyak manfaat dan keunggulan, Satu Data Indonesia (SDI) mulai disosialisasikan di Pemkab Kotabaru, Kalsel.

Sosialisasi SDI yang dimotori Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dibuka secara resmi oleh Sekda Kotabaru, Said Akhmad, Selasa.

Penyelenggaraan SDI, kata Sekda, diperlukan dedikasi dan integritas yang tinggi, sehingga menghasilkan data yang berkualitas. SDI, lanjut dia, dapat meningkatkan kerja sama antar instansi.

SDI, kata dia, merupakan metode tata kelola data pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan data yang berkualitas, mudah diakses, dan dipakai antar instansi baik pusat maupun daerah.

“Keberadaan SDI ini juga untuk menjawab berbagai tantangan dalam pengumpulan, pengolahan, maupun penyebarluasan data,” ujar eks Sekda Tanbu ini.

Sementara Plt Kadis Kominfo Kotabaru, Gusti Abdul Wahid, menambahkan sosialisasi SDI bertujuan untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses.

“Selebihnya, SDI ini juga mudah diaplikasikan dan dibagi antar perangkat daerah sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hingga pengendalian pembangunan,” pungkasnya.

Menjadi narasumber sosialisasi SDI kali ini yaitu Kepala Badan Pendapatan Daerah Kotabaru, Akhmad Rivai, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kotabaru, Ir Rurien Srihardjanti, dan perwakilan BPS Provinsi Kalsel, Najwa Dauli.