Satgas TMMD ke-115 Kodim 1008/Tabalong, Mulai Bangun Jembatan Box Culvert

Sembari mengerjakan pembangunan jalan penghubung Desa Murung Baru-Desa Pamarangan Kanan, Tanta, Satgas TMMD ke-115 Kodim 1008/Tabalong.

Satgas TMMD ke-115 Kodim 1008/Tabalong mulai lakukan pembangunan jembatan box culvert. Foto-Istimewa.

apahabar.com, TANJUNG - Sembari mengerjakan pembangunan jalan penghubung Desa Murung Baru-Desa Pamarangan Kanan Tanta, Satgas TMMD ke-115 Kodim 1008 Tabalong mulai melakukan pengerjaan sasaran fisik yang lain.

Sasaran lain yang mulai dikerjakan berupa pembangunan jembatan box culvert 7x3 meter.

Box culvert ini sebagai pengganti jembatan berbahan kayu yang terletak di wilayah Desa Pamarangan RT 05 yang berada di jalan yang saat ini juga masih dalam proses pembangunan.

Hingga Jumat (14/10), kemarin pembangunan box culvert tersebut baru mencapai 12 persen.

Selain jalan, pembangunan jembatan tersebut juga sangat diharapkan dan ditunggu-tunggu masyarakat dua desa tersebut.

"Jalan dan jembatan box culvert itu nantinya mempermudah aktifitas warga dan menghemat waktu tempuh di kedua desa tersebut maupun ke Kecamatan Tanta," kata Kasi Kesra Desa Pamarangan Kanan, Yadi, kepada apahabar.com, Sabtu (15/10).

Kata Yadi, biasanya kalau dari Murung Baru ke Kecamatan Tanta, warga di sana harus memutar dahulu dengan waktu tempuh yang cukup lama.

"Nanti, setelah jalan dan jembatan ini selesai dibangun bisa memangkas waktu tempuh lebih cepat, sehingga berdampak positif bagi warga," jelasnya.

Selain sangat bermanfaat buat lalu lalang warga, jalan dan jembatan itu nanti berdampak pada peningkatan ekonomi warga.

"Yang jelas masyarakat lebih mudah  membawa hasil perkebunan karet, buah-buahan dan sayur-mayur, " beber Yadi.

"Termasuk mempermudah warga mengangkut hasil pertanian padi dari sawah karena lebih dekat dan bisa langsung menggunakan kendaraan," sambung Yadi.

Warga lainnya, Alfiansyah, mengaku senang dengan mulai dikerjakannya pembangunan jembatan box culvert tersebut.

"Dengan adanya jalan dan jembatan yang dibangun melalui program TMMD ini, kami tidak jauh lagi mengangkut hasil pertanian dan perkebunan. Semoga pembangunannya cepat selesai," ucapnya. 

Terpisah, Dan SSK TMMD ke-115 Kodim 1008/Tabalong, Kapten Inf Dwi Prayitno,menjelaskan bahwa jalan dan jembatan yang dibangun tersebut memang sangat dibutuhkan masyarakat.

Diketahui jalan lama yang menghubungkan Desa Murung Baru-Pamarangan Kanan kondisinya ada yang longsor dan ruas jalan lainnya rawan juga rawan longsong, karena berada disepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS).

"Nantinya warga akan mudah mengangkut hasil perkebunan dan pertaniannya lewat jalan yang dibangun ini dan tidak perlu takut lewat jembatan kayu karena diganti dengan beton," jelasnya.

Sekadar diketahui, sejak 11 Oktober 2022, personel Satgas TMMD ke-115 bersinergi dengan warga setempat menggenjot pembangunan sasaran fisik berupa jalan dan jembatan box culvert.