Tak Berkategori

Sat Binmas Polresta Banjarmasin Tampung Curhat Warga

apahabar.com, BANJARMASIN – Untuk menarik minat masyarakat ikut dalam kegiatan binluh (bimbingan dan penyuluhan), guna upaya…

Warung curhat kamtibmas Sat Binmas Polresta Banjarmasin sambangi titik-titik rawan terjadinya perbuatan kriminal, salah satunya di Pasar Sentra Antasari. Foto-apahabar.com/Eddy Andryanto

apahabar.com, BANJARMASIN - Untuk menarik minat masyarakat ikut dalam kegiatan binluh (bimbingan dan penyuluhan), guna upaya menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat, Sat Binmas Polresta Banjarmasin kembali menghidupkan kegiatan kreatif berupa Warung Curahan Hati Kamtibmas.

Warung Curhat Kamtibmas merupakan kegiatan binluh kamtibmas menggunakan sarana mobil dinas Sat Binmas Polresta Banjarmasin, yang dipermak menyerupai warung, namun tidak untuk berjualan tetapi untuk melayani warga agar dapat menyampaikan keluhannya.

Hari ini, mobil dengan corak kuning bertuliskan Warung Curhat Kamtibmas terlihat parkir di Pasar Ramayana, Jalan Pangeran Antasari, Kota Banjarmasin.

Kasat Binmas Kompol Sumardjan mengatakan, program ini adalah salah satu cara Polresta Banjarmasin untuk mendekatkan diri kepada warga masyarakat dan alternatif untuk menampung aspirasi serta keluhan tanpa harus datang ke Kantor Polisi.

"Tidak melulu tentang permasalahan yang menyangkut hukum, permasalahan yang kecil semisal problematika rumah tangga pun bisa dikonsultasikan dan kita akan carikan solusi terbaik," kata Kompol Sumardjan kepada Wartawan Apahabar.com, Senin (28/1/2019).

Pasalnya, imbuh Sumardjan, personel yang dilibatkan dalam Warung Curhat Kamtibmas itu terdiri dari beberapa fungsi gabungan.

Seperti fungsi Reskrim, Intelkam, Paminal, Lalu Lintas, Sabhara, Sumber Daya serta fungsi lainnya.

Baca Juga:Rp5 Miliar Dana Bos Tidak Terserap

"Hasil giat tadi itu kebanyakan masyarakat yang curhat mengenai masalah pengurusan surat izin mengemudi, mereka mengeluhkan lokasi pembuatan SIM jauh, lalu tentang peredaran Narkoba. Mereka berharap petugas menindak dengan tegas pelaku penyalahgunaan barang haram tersebut. Situasinya pun sifatnya informal sehingga diskusi pun berlangsung dengan lancar," tandas Sumardjan.

Di sela-sela kegiatan ini, petugas juga berikan binluh berupa himbauan agar warga tetap waspada sebagai bagian antisipasi terjadinya kejahatan serta meningkatkan persatuan dengan menghindari perpecahan terutama akibat peredaran berita hoaks.

Baca Juga:Nuansa Baru Lembaga Pembinaan Khusus Anak

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Aprianoor