Problem Sosial

Sanitasi dan Stunting, Problem Sosial yang Disinggung Cawapres Gibran

Penyediaan sanitasi dan pemasokan air bersih penting dilakukan untuk mengatasi masalah stunting di Indonesia.

Cawapres Gibran bahas pentingnya sanitasi dalam mencegah stunting. Foto: Apahabar.com (Andini Dwi Utari)

apahabar, JAKARTA – Penyediaan sanitasi dan pemasokan air bersih penting dilakukan untuk mengatasi masalah stunting di Indonesia.

Cawapres Gibran Rakabuming Raka menyinggung masalah tersebut saat debat Cawapres yang dilaksanakan pada Jumat (22/12/23) guna menyiapkan generasi emas dan pintar.

“Jika kita bicara sanitasi dan air bersih, ini nanti nyambung ke masalah stunting. Untuk masalah sanitasi ini perlu kolaborasi banyak pihak. Misalnya apa yang sudah saya lakukan di Solo, kita membangun Ipal Komunal di perumahan padat penduduk. Ini penting sekali,” ucapnya saat momen debat.

“Masalah sanitasi penting sekali, kami paslon nomor 2 ingin menyiapkan generasi-generasi emas dan pintar,” ujarnya menjelaskan.

Sanitasi dan Stunting Masih jadi Masalah

Sanitasi merupakan upaya yang dilakukan untuk melindungi masyarakat dari gangguan kesehatan fisik maupun mental.

Upaya tersebut dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan serta mengawasi beberapa faktor yang menyebabkan munculnya penyakit.

Sedangkan stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak yang tidak sesuai dengan anak seusianya.

Menurut Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK), sanitasi yang baik merupakan faktor penting dalam mencegah berbagai masalah kesehatan gizi seperti stunting.

Pada 2021 silam, jumlah balita stunting sebesar 24,4% berdasarkan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI). Pemerintah telah menargetkan angka stunting pada 2024 akan turun menjadi hanya 14%.

Pentingnya sanitasi terhadap masalah stunting telah diuji pada hasil penelitian. Balita yang mendapat akses sanitasi layak 1,45-8,51 kali lebih mungkin untuk tidak terkena stunting.