Perangkat Samsung Terbaru

Samsung Berencana Rilis Perangkat Layar Gulung pada 2025

Rumor terbaru mengenai layar gulung dari Samsung yang akan memulai produksi massalnya pada 2025.

Layar gulung dari Samsung. (Foto: dok. Gizmochina)

apahabar.com, JAKARTA - Rumor terbaru mengenai layar gulung dari Samsung yang akan memulai produksi massalnya pada tahun 2025.

Samsung seakan sedang menyiapkan panggung bagi perubahan revolusioner dalam desain dan fungsionalitas dari sebuah smartphone.

Ponsel yang akan datang itu disebut akan menampilkan teknologi Under Panel Camer (UPC) yang canggih hingga desain bezel-less yang mutakhir.

Melansir Gizmochina, Jumat (25/8), keterangan ini didapatkan dari Revegnus (@Tech_Reve), yang menyebut rumor ini sejalan dengan pameran teknologi layar inovatif Samsung sebelumnya.

Baca Juga: Samsung Tawarkan Tukar Tambah HP yang Layarnya Rusak dengan Galaxy Baru

Pada acara K-Display 2022, Samsung sempat menarik perhatian dengan meluncurkan model prototipe layar yang dapat digulung, tablet yang dapat dilipat, dan produk yang diberi nama menarik seperti 'Flex G' dan 'Flex S'.

Dengan rekam jejak dari Samsung, terobosan dalam ponsel layar gulung bukanlah suatu hal yang tidak terduga.

Kehebohan tentang desain bezel-less juga membangkitkan minat yang signifikan. Salah satu media Korea, The Elec juga sebelumnya telah melaporkan kolaborasi antara Samsung, LG, dan Apple yang tengah menargetkan pengembangan layar OLED bezel-less.

Tujuannya? Tentu saja untuk mendapatkan tampilan dengan batas nol, sehingga dapat memberikan pengalaman visual yang imersif dan tanpa gangguan bagi penggunanya.

Baca Juga: Samsung Galaxy S24 Ultra akan Punya Bodi Titanium, Diklaim Lebih Ringan

Seperti yang diketahui, Apple juga telah mengajukan paten untuk perangkat yang dilengkapi layar gulung, yang menunjukkan potensi integrasi ke dalam produk masa depan seperti iPhone, iPad, dan MacBook.

Apple pun disebut tengah berupaya keras untuk dapat merilis MacBook layar lipat pada tahun 2026.

Kini, baik Samsung ataupun LG Display memiliki misi untuk menyempurnakan teknologi Thin Film Encapsulation (TFE) dan Under Panel Camera (UPC).

Namun, mereka juga dihadapkan dengan tantangan untuk memastikan ruang antena yang memadai dalam desain futuristik ini.

Ketika para raksasa teknologi sedang sibuk berinovasi, para konsumen sangat menantikan era baru dari inovasi smartphone.