Kalsel

Sambut Hari Juang Kartika, Kodim 1008/Tanjung Gelar Karya Bakti dan Baksos

apahabar.com, TANJUNG – Dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika (HJK) 2020 di Tabalong, berbagai kegiatan dilaksanakan…

Anggota Kodim 1008/Tanjung bersama anggota Polres Tabalong dan UPBS saat membersihkan rumput di kuburan muslimin di Mabuun. Foto-apahabar.com/Amin

apahabar.com, TANJUNG – Dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika (HJK) 2020 di Tabalong, berbagai kegiatan dilaksanakan Kodim 1008/Tanjung.

Kegiatan yang digelar di antaranya, karya bakti dengan membersihkan sarana umum dan juga bakti sosial (baksos) donor darah di Aula Pandu Sakti Makodim 1008/Tanjung.

Karya bakti pembersihan sarana umum dilaksanakan serentak dan tersebar di berbagai lokasi, di antaranya Taman Makam Pahlawan dan pemakaman umum.

Selain itu, prajurit Kodim 1008/Tanjung membersihkan tempat ibadah, Pasar Kapar Murung Pudak, dan Masjid Pusaka Banua Lawas.

Pasi Teritorial Kodim 1008/Tanjung, Kapten Inf Pasidi, mengatakan karya bakti ini adalah rangkaian dari kegiatan memperingati Hari Juang Kartika.

“Kebersihan sarana umum sangat penting guna memberi kenyamanan bagi masyarakat serta menciptakan kebersihan lingkungan, terlebih di tengah pandemi yang sedang berlangsung hingga saat ini,” katanya di sela-sela kegiatan, Jumat (4/12).

Sementara itu, untuk kegiatan donor darah di Aula Pandu Sakti Makodim setempat, selain diikuti anggota Kodim 1008/Tanjung, juga melibatkan personel Kompi A Yonif 621/Mtg, FKPPI, PPM, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXI Dim 1008, Polres Tabalong dan Yayasan Pemuda Sarabakawa Tabalong.

Donor darah tersebut menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Tabalong. Pelaksanaannya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Dandim 1008/Tanjung, Letkol Inf Ras Lambang Yudha mengatakan donor darah dalam rangka Hari Juang Kartika dan sebagai bentuk kepedulian pihaknya terhadap sesama.

Selain itu, pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan baksos lainnya seperti pembersihan pasar dan silaturahmi kepada para veteran.

Kegiatan bakti sosial ini diikuti 70 peserta, setelah darah terkumpul selanjutnya petugas akan mendistribusikan kepada pasien yang membutuhkan darah.

“Ke depan masih ada lagi kegiatan-kegiatan dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika, seperti anjangsana, ziarah dan doa bersama,” pungkasnya