Tak Berkategori

Salat Id Polda Kalsel, Khatib Ajak Umat Jaga Persatuan dan Kedamaian

apahabar.com, BANJARMASIN – Perayaan Idulfitri 1440 Hijriah jatuh pada hari ini. Perayaan hari kemenangan itu setelah…

Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani menyalami sejumlah jemaah untuk mengucapkan selamat Idulfitri dilanjut dengan halal bihalal dan ramah tamah seluruh staf dan Bhayangkari di ruang Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri, Rabu (6/5) pagi. apahabar.com/Eddy

apahabar.com, BANJARMASIN – Perayaan Idulfitri 1440 Hijriah jatuh pada hari ini. Perayaan hari kemenangan itu setelah sebulan penuh berpuasa, tidak dilewatkan begitu saja oleh segenap keluarga besar Polri, tak terkecuali di Kalsel.

Pagi tadi, gema takbir, tahlil dan tahmid ikut berkumandang di area lapangan upacara Mapolda Kalsel, Jalan S Parman, Banjarmasin, Rabu (5/6) pagi.

Dalam khotbahnya, Khatib Salat Id, Ahmad Shaghir, menyampaikan bahwa kalimat takbir ‘Allahu Akbar’ melambangkan keagungan dan kebesaran Allah. Kalimat ini lah, kata dia, yang mempersatukan seluruh umat Islam di muka bumi.

“Kita sebagai manusia yang beriman kepada Allah adalah khalifah di bumi. Sehingga kita harus mewujudkan kedamaian. Nah, sebagai Khalifah Allah ini, tugas kita dimulai dari lingkup terkecil, bermula dari diri sendiri, keluarga, lingkungan masyarakat, bangsa negara dan seluruh bumi,” ujarnya.

Dia turut mengajak masyarakat memaknai agama sebagai alat pemersatu antar umat untuk mewujudkan perdamaian dan persatuan. Semua agama dikatakannya memiliki tujuan akhir; memanusiakan manusia.

"Kita beragama itu salah satu tujuannya untuk kemanusiaan bukan sekadar untuk Tuhan. Apalagi dalam Islam itu sangat sangat kental. Kalau kita perhatikan semua ibadah di dalam Islam itu bagaimana kita sebagai manusia itu bisa menjadi lebih baik terhadap sesama," tuturnya.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani yang hadir usai pelaksanaan Sholat Id, tampak memberikan ucapan selamat kepada jemaah yang hadir. Beberapa pejabat utama Polda yang ikut salat bersama yaitu Wakapolda Kalsel, Karo Ops, Karo SDM, KSPKT dan Pejabat Polda lainnya.

Usai melaksanakan shalat, dilanjut dengan acara halal bihalal dan ramah tamah seluruh staf dan Bhayangkari di ruang Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri.

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Fariz Fadhillah