Salah Satunya Mendatangkan Rezeki, Berikut Keutamaan-keutamaan Membaca Selawat Jibril

Salah satu amalan sunnah yang bisa diamalkan setiap hari di sela-sela kegiatan, yakni dengan berselawat Jibril.

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN - Salah satu amalan sunnah yang bisa diamalkan setiap hari di sela-sela kegiatan, yakni dengan membaca selawat Jibril. Keutamaan amalan ini salah satunya bisa mendatangkan rezeki.

Membaca selawat jibril termasuk ibadah sunnah yang disukai Allah SWT. Baca selawat jibril sambil berdoa agar hajatmu dikabulkan Allah SWT. Hal ini dijelaskan dari satu ayat Alquran;

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS. Al Baqarah:186).

Adapun bacaan selawat Jibril dibagi menjadi 2, yakni versi pendek dan panjang.

Versi Pendek

Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa aali sayyidinaa muhammad wasallim tasliima

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

Versi Panjang

Shallallahu 'Ala Muhammad Shollallahu 'alaihi wasallam. Anta Syamsun Anta Badrun. Anta nurun fauqo nurin. Anta iksiirun wa ghoolii. Anta mishbaahush-shuduuri. Ya habiibii Ya Muhammad. Ya 'Aruusal-khoofiqoini. Ya Mu-ayyad ya Mumajjad Ya Imaamal Qiblataini

Artinya:

"Semoga Allah melimpahkan sholawat atas Muhammad, sholawat atas keluarga serta keselamatan atasnya. Engkau bagai matahari, engkau bagai bulan purnama. Engkau cahaya di atas cahaya. Engkau bagaikan emas murni yang mahal harganya. Engkaulah pelita hati. Wahai kekasihku, wahai Muhammad. Wahai pengantin tanah timur dan barat (sedunia). Wahai Nabi yang dikuatkan (dengan wahyu). Wahai Nabi yang diagungkan, wahai imam dua arah kiblat."

Adapula doa sebagai pelengkap selawat Jibril:

Bismillahirrahmanirrahim, allahumma a'thinii tsawaaba shollallahu 'Alaa Muhammad an tarzuqonii syai'an asta 'iinu bihi 'alath-thoo 'ah subhaana robbika robbil 'izzati 'ammaa yashifuun wasalaamun 'alal mursaliin walhamdulillahi robbil 'aalamiin

"Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah datangkanlah padaku pahala shollalahu 'Ala Muhammad, berilah rejeki padaku, sesuatu yang dapat menolongku untuk taat. Maha suci Tuhanmu, Tuhan yang Maha Mulia dari apa yang mereka sifatkan dan salam sejahtera untuk para Rasul dan segala puji kepada Allah Tuhan semesta alam."

Selain itu, beberapa keutamaan membaca selawat Jibril:

Diampuni dosa-dosa
Diberikan rezeki melimpah
Dilancarkan segala urusan
Dilunasi utang
Menambah keberkahan hidup