News

Saksikan Hari Ini! Link Live Streaming Sidang Isbat 1 Syawal 1443 H

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) bakal menghelat sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal 1443 H…

Kemenag akan menggelar sidang isbat untuk penentuan 1 Syawal 1443 Hijriah, Minggu (1/5). Foto: Detik

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) bakal menghelat sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal 1443 H atau Hari Raya Idulfitri 2022, Minggu (1/5) sekira pukul 19.00 WIB.

Sidang Isbat malam ini bisa disaksikan secara langsung secara live streaming di kanal YouTube Kemenag RI.

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin menyatakan posisi hilal di Indonesia pada 1 Mei 2022 sudah terlihat secara hisab atau secara perhitungan.

Kamaruddin menjelaskan tinggi hilal di Indonesia pada 1 Mei antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat.

“Artinya secara hisab pada hari tersebut posisi hilal awal Syawal di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru MABIMS,” ucap Kamaruddin dilansir CNN Indonesia.

Selain Kemenag, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga memprediksi hilal akan terlihat pada Minggu (1/5).

Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Rahmat Triyono mengatakan prediksi tersebut berdasarkan hasil penghitungan (hisab) yang dilakukan BMKG.

“Berdasarkan data-data tersebut di atas, pengamatan rukyat hilal pada 1 Mei 2022 hilal berpotensi terlihat (teramati), namun tergantung kondisi cuaca saat pengamatan di setiap lokasi pengamatan,” jelas Rahmat, belum lama tadi.

Kemudian BRIN juga turut memberikan prediksi serupa.

Profesor Riset Astronomi-Astrofisika BRIN Thomas Djamaluddin memperkirakan 1 Syawal 1443 Hijriah akan jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

“Posisi kriteria berada di area perbatasan. Wilayah Sabang sedikit memenuhi kriteria. Dengan hisab yang dilakukan di Sumatra juga memenuhi kalau menggunakan elongasi geosentrik. Hasil rukyat, pada sidang isbat akan diterima, ini akan seragam pada 2 Mei 1 Syawal-nya,” kata Thomas.

Untuk mengkonfirmasi perhitungan tersebut, sidang Isbat akan digelar Kemenag pada malam ini pukul 19.00 WIB.

Berikut link live streaming sidang Isbat 1 Syawal 1443 H