Pemkab Tanah Bumbu

Saksi dan Caleg Hanura Protes, Rapat Pleno di Tanah Bumbu Berlangsung Panas

apahabar.com, BATULICIN – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019 yang digelar di Hotel…

Suasana saat La Ode Subhan memprotes KPU Tanah Bumbu. Foto-istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019 yang digelar di Hotel Ebony Batulicin pada Rabu (1/5/2019) malam, sempat memanas.

Meningkatnya tensi pada rapat pleno tersebut berawal ketika seorang saksi dari Partai Hanura menyampaikan keberatan kepada PPK Kecamatan Satui. Saksi menilai ada kejanggalan pada hasil rekapitulasi di TPS 2, TPS 3, dan TPS 6, di Desa Jombang.

“Di C1 hologram TPS 2, 3, 6 sudah tercoret-coret,” kata saksi Partai Hanura, Ode Rama Febri.

Suasana makin panas saat calon legislatif sekaligus Ketua Partai Hanura Tanah Bumbu, La Ode Subhan, beberapa kali melayangkan protes secara langsung, baik kepada KPU Tanah Bumbu maupun kepada PPK Kecamatan Satui.

“Kami inginkan plano di TPS 2, 3, dan 6 dibuka. Biar tidak ada kecurigaan,” kata La Ode Subhan, dengan nada tinggi.

Karena gelombang protes dari pihak Partai Hanura tak kunjung berhenti, KPU Tanah Bumbu langsung memutuskan bahwa rapat pleno diskors selama 15 menit. Namun, setelah rapat dimulai lagi, perdebatan ternyata makin alot.

Baca Juga: Kapolres Tapin Pantau Pleno Rekapitulasi Pemilu

La Ode Subhan menilai KPU Tanah Bumbu terlalu berbelit-belit. Padahal, ia hanya ingin hasil plano di tiga TPS Desa Jombang dibuka. Beberapa kali ia melontarkan kata-kata dengan nada tinggi. Meski begitu, Ketua KPU Tanah Bumbu, Makhruri, menanggapinya dengan santai.

“Bicaranya sambil duduk saja,” kata Makhruri, kalem.

Aparat kepolisian terlihat siaga untuk menjaga situasi tetap kondusif.Setelah cukup lama berkutat dalam suasana yang cukup panas, KPU Tanah Bumbu tetap mengesahkan hasil rekapitulasi di Kecamatan Satui.

Makhruri meminta pihak yang tidak puas terhadap hasil rapat pleno untuk menempuh jalur sengketa Pemilu.

“Untuk mekanismenya bisa dikonsultasikan ke Bawaslu,” kata Makhruri.

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019 yang dimulai pada Rabu (1/5/2019) pukul 15.00 Wita akhirnya ditutup pada pukul 01.15 Wita. Sementara penandatanganan hasil rapat pleno dilaksanakan pada Kamis, pagi ini.

Baca Juga:Pleno Terbuka KPU Kalsel Bahas DPTb, Ini Hasilnya

Reporter: Puja Mandela
Editor: Muhammad Bulkini