Religi

Said Agil Munawar Ceritakan Betapa Mudahnya Syekh Yasin Bertemu Rasulullah

apahabar.com, BANJARMASIN – Syekh Muhammad Yasin bin Isa Al Fadani merupakan ulama asal Padang yang istimewa….

Syekh Yasin bin Isa Al Fadani bersama Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani ketika ulama besar Makkah tersebut berkunjung ke Kalimantan Selatan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN - Syekh Muhammad Yasin bin Isa Al Fadani merupakan ulama asal Padang yang istimewa. Tidak hanya soal ilmu, dia memiliki kekeramatan yang tak banyak dimiliki orang lain.

Keistimewaan tersebut diceritakan seorang muridnya, Said AgilMunawar. Suatu ketika, kata Said Agil, dirinya kebingungan terkait hadits tertentu, yang tidak diketemukan di mana-mana. Dia pun kemudian diberi Ilham dari Allah SWT untuk bertanya kepada Syekh Yasin.

Ketika persoalan itu diceritakan kepada Syekh Yasin, ulama besar itu menjawab, "Nanti malam aku tanyakan langsung pada Rasulullah SAW. Besok kamu ke sini."

Esok harinya, Said Agil kembali menemui Syekh Yasin. Dalam kesempatan itu, Syekh Yasin dengan entengnya bercerita; Saya tanyakan kepada beliau hadits ini, betulkah beliau menyabdakannya? Semuanya betul Rasulullah yang sabdakan.

"Syekh Yasin bisa bertemu Rasulullah kapan saja," ujar Said Aqil mengungkap keistimewaan Pendiri Madrasah DarulUlumMakkah itu.

Cerita tersebut disampaikan Said Agil dalam sebuah pertemuan yang terekam kamera (Peresmian MushallaDarulUlum) dan diupload di chanelyoutube Said AgilMunawar pada 7 Desember 2019 kemarin. Cerita itu terungkap ketika Mantan Menteri Agama menjelaskan status hadits dalam kitab IhyaUlumuddin karya Imam Al Ghazali.

Said AgilMunawar.Foto-youtube

Baca Juga: Saat Miskin Qarun Pribadi Taat, Ketika Kaya Sembah Buaya

Baca Juga: Sebab Abu Thalhah Disegani Rasulullah

Baca Juga: Mengenang Dinasti Abbasiyah pada Masa Gemilang

Baca Juga: Awal Mula Persahabatan Datu Kelampayan dan Datu Sanggul yang Melegenda

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Datu Sanggul Pernah Menyalurkan Ilmu Melalui Sastra

Editor: Muhammad Bulkini