Sport

Sabtu, Pelatih Baru Timnas Diperkenalkan

apahabar.com, JAKARTA – PSSI akan memperkenalkan manajer dan pelatih baru timnas Indonesia, Shin Tae-Yong, Sabtu (28/12)….

Pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong. Foto-fox sport

apahabar.com, JAKARTA – PSSI akan memperkenalkan manajer dan pelatih baru timnas Indonesia, Shin Tae-Yong, Sabtu (28/12). Pelatih asal Korea Selatan itu punya alasan tersendiri untuk menangani timnas Garuda.

“Shin sudah kita undang untuk finalisasi kontrak. Setelah itu, dia akan kami perkenalkan pada hari Sabtu (28/12) mendatang. Mudah-mudahan semua prosesnya bisa berjalan dengan lancar," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dalam laman resmi PSSI, Kamis (26/12).

Iriawan mengungkapkan PSSI ingin membangun tim nasional yang solid dan berprestasi. Hal ini tentu saja tidak dilakukan dengan program kepelatihan terukur yang disusun tim pelatih.

Shin Tae-yong merupakan pelatih yang pernah meloloskan timnas Korea Selatan (Korsel) ke Piala Dunia 2018. Meski gagal melaju ke fase 16 besar, Taeguk Warrior mengukir catatan manis dengan mencuri kemenangan 2-0 atas Jerman.

Dia juga punya pengalaman bagus di level klub, yakni membawa klub Korsel Seongnam Ilhwa Chunma menjadi juara di Liga Champions Asia pada 2010.

Shin Tae-yong memberikan alasan mengapa dia menerima tawaran dari PSSI dan menolak pinangan dari klun Tiongkok, Shenzen FC.

Sebelumnya dia dikabarkan mendapat tawaran yang cukup menggiurkan dari Shenzen FC. Tapi eks arsitek Timnas Korsel di Piala Dunia 2018 itu cenderung memilih Timnas Indonesia.

Media Korea Selatan, Chosun mewartakan bahwa Shin Tae-yong tertarik melatih Indonesia untuk mengukur kemampuannya melatih timnas, khususnya di luar Korea Selatan.

“Tampaknya bagus untuk keuntungan saya jika melatih klub. Tapi saya tertarik mengetahui seberapa jauh saya meningkatkan tim yang levelnya di bawah negara kami (Korea Selatan),” kata Shin Tae-yong.

Pria berusia 49 tahun itu tak menampik pula sudah menolak tawaran dari Shenzen FC.

Baca Juga:Tanpa Penggawa Barito, Inilah 11 Pemain Terbaik Liga 1 2019

Baca Juga:Reaksi Fans Soal Hengkangnya Rafael dan Isu CLBK Djanur bersama Konate

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin