Tak Berkategori

Rutan Kelas IIB Rantau Gelar Pelatihan Simulasi Pemadaman Kebakaran

apahabar.com, RANTAU – Petugas dan warga binaan di Rutan Kelas IIB Rantau menggelar simulasi pemadaman kebakaran,…

Rutan Kelas IIB Rantau saat simulasi pemadam kebakaran. Foto: apahabar.com/Sandy

apahabar.com, RANTAU – Petugas dan warga binaan di Rutan Kelas IIB Rantau menggelar simulasi pemadaman kebakaran, Selasa, (21/9).

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan pemadam kebakaran Kabupaten Tapin. Simulasi penanganan kebakaran ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kebakaran di dalam rutan.

Kepala Rutan Kelas IIB Rantau, Andi Hasyim, mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, terutama menyikapi kejadian kebakaran yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan kelas I Tangerang.

“Pada dasarnya adalah mencegah potensi terjadinya gangguan keamanan kebakaran yang tidak hanya untuk kepentingan kantor, tapi juga untuk antisipasi di rumah,” ujarnya.

Dalam pelatihan, para pegawai Rutan dan sebagian warga binaan diajarkan teknik pemadaman api secara manual menggunakan kain basah (handuk) dan alat pemadam api ringan (APAR).

Satu per satu pegawai mempraktikkan pemadaman api yang berkobar di dalam tong menggunakan dua metode atas petunjuk dan arahan petugas Damkar.

Kasi Pemadam Kebakaran Kabupaten Tapin, Idi Amin Azis, mengatakan kegiatan simulasi ini atas permintaan Rutan Kelas II B Rantau.

“Pelatihan bagi pegawai Rutan dan warga binaan ini. Kami sangat apresiasi sebagai bentuk pencegahan kebakaran dalam rutan,” singkatnya.