Mantan Ketua IDI Kalsel Dilantik Jadi Ketua Peralmuni, Begini Perannya Tangani Alergi Imunologi

Pengurus Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (PERALMUNI) Cabang Kalimantan Selatan resmi dilantik pada Sabtu (14/1/2023).

Pengurus Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (PERALMUNI) Cabang Kalimantan Selatan resmi dilantik pada Sabtu (14/1/2023). Foto-Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN - Pengurus Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (Peralmuni) Cabang Kalimantan Selatan resmi dilantik pada Sabtu (14/1/2023).

Pelantikan pengurus periode 2023-2026 dilaksanakan di Gedung RSUD Ulin Banjarmasin.

Mantan Ketua Ikatan Doktor Indonesia (IDI) Kalsel, Mohammad Rudiansyah didaulat sebagai Ketua Peralmuni Cabang Kalsel.

Ketua Pengurus Pusat Peralmuni, Prof Iris Rengganis mengatakan penyakit imunologi semakin meningkat dan tersorot belakangan ini di Indonesia.

Olehnya, ia menginstruksikan pengurus Peralmuni membentuk cabang di seluruh Indonesia, termasuk Kalsel.

“Saya sangat bergembira karena disambut betul betul alergi imunologi bahwa memang dilihat kepentingannya dari berbagai disiplin ilmu dan penyakit yang banyak keterikatan,” ujarnya.

Iris meminta bahwa kepengurusan Peralmuni Kalsel ini dapat berbagi ilmu imunologi dan terjun langsung ke lingkungan masyarakat.

Langkah ini sehingga pelayanan akan lebih dapat bermanfaat untuk pasien.

“Tentu itu tidak mudah, karena harus ada ketertarikan dan keminatan dalam bidang imunologi,” tuturnya.

Selain itu, ia menyampaikan pengurus Peralmuni Kalsel ini merupakan yang ke 17 diresmikan seluruh Indonesia. Rencananya, pengurus Peralmuni Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal menjadi yang ke 18.

“Semoga banyak lagi di daerah, karena kita butuh persiapan dari doktor yang ingin menjadi pengurus,” ucapnya.

Mohammad Rudiansyah menerangkan bahwa seluruh doktor bidang manapun dapat bergabung dan selama berminat mengembangkan ilmu imunologi.

Ke depannya, pengurus Peralmuni Kalsel bakal melaksanakan kegiatan ilmiah untuk pembelajaran bagi masyarakat, khususnya mencegah alergi dan penyakit imunologi.

“Supaya gejala penyakit ini tidak muncul, jadi bagaimana cara mencegah agar orang yang alergi seperti asma tidak sering serangan,” ucapnya.

Menurutnya Kalsel memiliki peran besar dalam menangani alergi dan penyakit imunologi. Karena, bagi dia bahwa Kalsel menjadi wilayah yang langsung berbatasan dengan Ibukota negara Indonesia di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kan paling dekat, jadi mulai mendekatkan keilmuan kita,” pungkasnya.