Nasional

Rupiah Terdampar ke Dasar Klasemen Mata Uang Asia

apahabar.com,Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup melemah di perdagangan pasar spot hari…

Foto – sinar harapan

apahabar.com,Jakarta– Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup melemah di perdagangan pasar spot hari ini. Rupiah bahkan masuk jajaran mata uang terlemah di Asia. Pada Selasa (27/11/2018), US$ 1 dibanderol Rp 14.510 kala penutupan pasar spot.

Rupiah melemah 0,28% dibandingkan posisi penutupan hari sebelumnya. Pelemahan ini sudah dapat diperkirakan sebelum pasar spot dibuka. Pasalnya, tanda-tanda apresiasi rupiah sudah terlihat di pasar Non-Deliverable Market (NDF).

Mengawali hari, rupiah sudah melemah 0,1%. Selepas itu depresiasi rupiah semakin dalam dan menjadi mata uang terlemah di Asia.

Setelah tengah hari, pelemahan rupiah berangsur menipis. Namun jelang penutupan pasar, pelemahan rupiah kembali bertambah dalam dan akhirnya ditutup melemah 0,28%. Memang benar bahwa mata uang Asia mayoritas juga melemah terhadap dolar AS.

Namun rupiah belum bisa melepaskan ‘gelar’ sebagai mata uang terlemah di Benua Kuning. Ya, untuk urusan melemah di hadapan greenback rupiah adalah yang nomor 1.

Baca Juga:Rupiah Kian Lemah, Dolar AS Tembus Rp 14.500

sumber: CNBC Indonesia

Editor: Fariz F