Kalsel

Rumahnya Dibongkar, Hairun Ribut dengan Prajurit Kodim Barabai

apahabar.com, BARABAI – Hairun (57), warga Desa Awang RT 4 Kecamatan Batang Alai Utara, Hulu Sungai…

Anggota TNI dari Kodim 1002/Barabai membongkar rumah Hairun, warga Desa Awang RT 4 Batang Alai Utara. Foto-Kodim for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Hairun (57), warga Desa Awang RT 4 Kecamatan Batang Alai Utara, Hulu Sungai Tengah (HST), sontak terkejut.

Sepuluh orang berpakaian loreng-loreng mendatangi kediamannya pada Senin (28/10) pagi.

Belakangan diketahui, sepuluh orang itu ternyata utusan dari Komando Distrik Militer (Kodim) 1002/Barabai.

Sempat terjadi keributan antara sepuluh pasukan yang dipimpin Peltu M Rajudin itu dengan Hairun.

“Saya tidak mengerti mengapa sepuluh tentara itu datang pagi-pagi ingin membongkar rumah saya,” kata Hairun.

Lama menunggu, akhirnya Hairun yang meradang akibat tindakan para TNI itu pun redam. Ketua RT setempat turun memberikan penjelasan.

Suasana panas, berubah penuh suka cita. “Setelah saya jelaskan bahwa rumahnya (Hairun) akan direhab oleh TNI, dia sekeluarga pun sangat senang bahkan menangis penuh suka cita,” ujar Ketua RT 4 Desa Awang, Hairuddin, kepada apahabar.com, Selasa (29/10).

Rupanya, para prajurit dari Kodim 1002 itu sedang melaksanakan Program Pembinaan Teritorial (Binter) terpadu rehab Rumah Tak Layak Huni (RTLH).

Plh Pasiterdim 1002 Barabai, Kapten Inf Moh Alip Suroso saat dimintai keterangan, memang tak berkoordinasi dengan Hairun, pemilik RTLH itu.

“Kami sengaja tidak memberitahunya kalau rumahnya akan kami rehab. Tetapi kami sudah berkoordinasi dengan RT-nya untuk mencarikan RTLH untuk kami rehab. Jadi ini adalah surprise buat Pak Hairun yang mendapat rehab rumahnya,” kata Alip.

Rehab rumah itu, diterangkan Alip, merupakan penjabaran dari Karya Bakti TNI dalam rangka memberdayakan wilayah pertahanan melalui kegiatan Binter Terpadu untuk memantapkan ruang, alat dan kondisi yang tangguh.

Atas rehab rumahnya itu, Hairun pun mengucapkan terima kasih kepada anggota Kodim tersebut.

“Ini merupakan berkah bagi kami sekeluarga, semoga TNI semakin Jaya dan dicintai Rakyat,” kata Hairun sedikit terisak-isak.

Baca Juga: Oktober, Polisi Ungkap 9 Kasus Peredaran Narkotika di HST

Baca Juga:Markas Kodim 1002/Barabai Diserbu Massa, Prajurit Berhamburan Keluar

Baca Juga:DB dan Gitapati SMAN 2 HST Raih Juara Komsos Kodim 1002 Barabai

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Fariz Fadhillah