Fitur Mobil Hyundai

Roof Rail di Hyundai Stargazer X Gak Ada Fungsinya, Jadi untuk Apa?

Hyundai Stargazer X yang baru saja diluncurkan di GIIAS 2023, memiliki sejumlah penyegaran termasuk fitur-fiturnya.

Stargazer Raih pencapaian tertinggi Hyundai di GIIAS 2023. Foto: dok. HMID

apahabar.com, JAKARTA - Hyundai Stargazer X yang baru saja diluncurkan di GIIAS 2023, memiliki sejumlah penyegaran termasuk fitur-fiturnya.

Perbedaan dari generasi sebelumnya dengan model Stargazer anyar berlabel X di belakang itu Yakni terdapat roof rail pada bagian atas mobil.

Sejatinya, roof rail akan digunakan sebagai tempat tambahan dalam memuat barang bila ditambahkan dengan aksesori semacam roof rack ataupun roof box.

Namun, tidak dengan Stargazer X, yang terdapat tulisan 'Do Not Apply Load', yang berarti tidak dapat menampung beban.

Baca Juga: Harga Beda Jauh dengan Generasi Lama, Apa yang Ditawarkan Stargazer X?

Tulisan tersebut tentunya membingungkan. Bagaimana tidak, roof rail pada umumnya dapat digunakan sebagai tempat untuk menaruh barang maupun perlengkapan.

Jadi sebenarnya roof rail pada Low MPV ini untuk apa?

Pihak Hyundai menyebut fungsi roof rail tersebut hanya untuk mempercantik tampilan pada Stargazer, agar tampilannya semakin menyerupai mobil SUV.

"Roof rail yang ada di Stargazer X tertulis 'Do Not Apply Load', yang berarti memang hanya sebuah garnish untuk mempercantik atau memperindah bentuk secara keseluruhan," ujar Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) , Bonar Pakpahan kepada wartawan, baru-baru ini.

Baca Juga: Hyundai Ajak 3 Sekolah Kejuruan untuk Bangun Industri Otomotif RI

Menurutnya, pelanggan yang ingin menggunakan roof rail sebagaimana mestinya, disarankan untuk melepas roof rail bawaan pabrik terlebih dahulu, dan diganti dengan produk aftermarket.

"Kalau mau memasang semacam roof rail atau roof rack khusus itu harus dicopot terlebih dahulu," ungkapnya.

Dengan kata lain, memang benar bahwa roof rail di mobil pesaing Xpander dan Veloz itu tidak memiliki fungsi berarti, melainkan hanya sebuah pemanis saja.

Di sisi lain, dengan harga di atas Rp325 juta, Stargazer X mendapatkan penyegaran di beberapa bagian, seperti bumper, grill, cap mesin, hingga over fender yang baru.

Baca Juga: Stargazer Dominasi Penjualan Hyundai di GIIAS 2023, Gimana Ioniq 5?

Ukuran velg pun berubah, menjadi ukuran 17 inci dari yang tadinya 16 inci. Dengan demikian, ground clearance-nya pun naik dari 195mm menjadi 200mm.

Untuk harganya, Stargazer X hadir dalam dua varian, yaitu Style yang dibanderol Rp325,6 juta, dan varian Prime yang dibanderol sebesar Rp336,2 juta.

Harga tersebut juga berbeda jauh dengan model pendahulunya, yang dibanderol mulai Rp247,2 juta sampai Rp316,2 juta.