Info Kesehatan

Risiko Terkena Kanker Menjauh! Cukup Lakukan Aktivitas Sederhana Ini

Sebuah studi terbaru yang dikeluarkan jurnal JAMA Oncology mengemukan bahwa olahraga dalam satu atau dua menit sehari dapat menurunkan risiko kanker.

Olahraga dapat menurunkan risiko kanker. Foto: kolase

apahabar.com, JAKARTA - Sebuah studi terbaru yang dikeluarkan jurnal JAMA Oncology mengemukan bahwa olahraga dalam satu atau dua menit sehari dapat menurunkan risiko kanker.

Menurut dr. Emmmanuel Stamatakis, penulis dalam jurnal JAMA Oncology, kegiatan itu mencakup berjalan cepat, menaiki tangga, mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang berat atau bermain dengan anak-anak.

Dalam studi tersebut, para peserta melaporkan tidak berolahraga secara teratur, dan menggunakan akselerometer untuk melacak aktivitas fisik (VILPA).

Baca Juga: Ketahui Waktu Penyebaran Flu, Hindari Demi Kesehatan Diri

Orang dewasa yang melakukan kegiatan berat selama empat menit dalam durasi satu atau dua menit aktivitas singkat, memiliki risiko kanker 30 persen lebih rendah.

"Olahraga terbaik adalah yang dapat disesuaikan dengan rutinitas mingguan, atau harian seseorang," ungkap Stamatakis, dikutip dari CNN, Kamis (14/9).

Dalam riset itu, peneliti membuktikan bahwa aktivitas fisik dalam jumlah kecil dikaitkan dengan risiko kanker lebih rendah. Bukan secara langsung mengurangi kanker tersebut.

"Uji coba ini menunjukkan bahwa aktivitas gaya hidup intermeten, menghasilkan peningkatan pesat dalam kardiorespirasi," terang Stamatakis.

Baca Juga: Ternyata Ada Senam untuk Jaga Kesehatan Mata, Yuk Lakukan

Kardiorespirasi adalah kemampuan peredaran darah dan pernapasan mensuplai oksigen, menggunakannya untuk beraktivitas tanpa rasa lelah.

Hal ini dikaitkan dengan berkurangnya resistensi insulin, dan peradangan kronis, yang merupakan faktor risiko kanker.

Penelitian ini menjelaskan bahwa bagaimana berolahraga yang sehat, tanpa harus menghabiskan waktu lama di gym. Serta menghilangkan alasan dan rasa malas untuk tidak berolahraga.

Baca Juga: Sleep Call, Isu Sosial hingga Kesehatan Mental pada Gen Z

Bagaimana Cara Melakukannya?

Dalam penelitian ini, olahraga yang disarankan adalah jogging, squat, atau mencari cara untuk memasukkan olahraga secara konsisten ke dalam rutinitas harian.

Seperti push up sambil menunggu air hangat saat hendak mandi. Atau melakukan squat sambil menyikat gigi.

Melakukan gaya hidup sehat dan menyisipkan olahraga mamiliki manfaat bagi tubuh, sebagai peregangan otot, membuatnya lebih sehat serta menaikkan perasaan jadi lebih baik.