Kalsel

Ribuan Jemaah Desak Desakan di Haul Datu Amin

apahabar.com, BANJARMASIN – Seperti tahun-tahun sebelumnya setiap 25 Syawal kawasan Banua Anyar, Banjarmasin Timur kembali dipadati…

Haul atau peringatan hari wafat Datu Amin ke 126 dihadiri ribuan jemaah. Foto-Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Seperti tahun-tahun sebelumnya setiap 25 Syawal kawasan Banua Anyar, Banjarmasin Timur kembali dipadati ribuan jamaah.

Kali ini jemaah terfokus bersilaturrahmi, membaca Maulid Al-Habsyi, tahlil, dan doa, berharap rahmat Allah tidak di Kubah Datu Muhammad Amin.

Melainkan konsentrasi jemaah berada di Mesjid Al Amin, Banua Anyar. Meski tempat yang berbeda, maksud jamaah yang salah satunya Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina tidak lain untuk Haul atau peringatan hari wafat Datu Amin ke 126, Sabtu (29/6).

Sekedar informasi, Datu Amin dikenal sebagai ulama yang zuhud, yang menjalankan syariat berdasarkan pandangan Alquran dan Hadits, selain juga ijma dan qiyas sebagaimana dipakai mazhab Syafiiyyah (Imam Syafii).

Jemaah yang datang tidak hanya berasal dari Banjarmasin, Martapura, dan sekitarnya. Banyak yang sengaja datang dari luar daerah itu, seperti kawasan Banua Enam dan pesisir Kotabaru.

Adanya kepadatan jemaah yang hadir pada acara tersebut, tak mampu menampung sejumlah tenda yang didirikan panitia.

Bahkan banyak jemaah yang mengikuti haul tersebut dipinggir-pinggir jalan dan duduk dipelataran rumah warga.

H Mahmud, salah satu rombongan jemaah dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sengaja datang bersama rombongan untuk mengikuti haul tersebut.

"Bersama rombongan kita sengaja datang untuk mengikuti acara Haul Datu Amin, sehingga sejak dini hari tadi kita sudah berangkat dari Kandangan," ujarnya.

Selain tenda tak mencukupi, pada dilokasi Haul Datu Amin, juga terlihat padatnya kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Sehingga lokasi parkir yang diperkirakan panitia akan mampu menampung kendaraan dari para jemaah yang hadir juga terisi penuh.

Makanya panitia terpaksa menyediakan lahan parkir dadakan dengan memanfaatkan halaman ruko dan halaman rumah warga disekitar Jalan Pangeran Hidayatullah, Banua Anyar.

Selain lewat darat, jemaah juga ada yang datang dengan menggunakan klotok.

Haul Datu Amin itu juga diisi KH Ahmad Zuhdiannor, Ustadz H Mahmud Syarkani Al Banjary dan Ustadz H M Fahmi.

Baca Juga: Haul Ke-126 Datu Amin, Wali Kota Berbaur Bersama Jemaah

Baca Juga: Menjadi RSUD Tipe D, Klinik Handil Bakti Berganti Nama

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif