Megaproyek IKN

Resmikan Pakuwon Nusantara, Jokowi Klaim IKN Makin Diminati

Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan megaproyek Pakuwon Nusantara. Groundbreaking dilakukan di IKN, Sepaku, Kalimantan Timur, Rabu (1/11).

Presiden Jokowi saat groundbreaking Pakuwon Nusantara di IKN, Kalimantan Timur, Rabu (1/11). Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

apahabar.com, SEPAKU - Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan megaproyekPakuwon Nusantara. Groundbreaking dilakukan di IKN, Sepaku, Kalimantan Timur, Rabu (1/11).

Lantas, Jokowi mengapresiasi gerak cepat sejumlah investor. Terutama investor dalam negeri yang berinvestasi dan ikut memulai pembangunan IKN.

Baca Juga: Jokowi Bicara Suksesi Panglima TNI di IKN: Agus Paket Lengkap

"Saya senang ini PT Pakuwon sudah mendahului membangun dan saya sangat menghargai, mengapresiasi, dan kita harapkan ini akan memberikan gelombang yang lain yang tadi juga," ujarnya.

Pemerintah, kata dia, selalu memprioritaskan serta mendahulukan investor lokal dalam investasi di IKN. Namun jika minat investor lokal minim, barulah pemerintah mencari investor dari luar negeri.

Baca Juga: Jokowi Groundbreaking Bandara VVIP IKN, Beroperasi Desember 2024

Buktinya baru-baru ini, kata Jokowi, sebanyak 130 investor dari Singapura datang. Mereka datang untuk melihat langsung IKN.

Selain Singapura, ada juga investor dari Korea Selatan, Jepang, Malaysia, hingga Persatuan Emirat Arab.

"Tapi kami memang rem dulu. Saya sampaikan kepada kepala otorita, rem untuk yang dari luar, berikan kesempatan, kalau bisa juga di-join-kan dengan yang dari dalam sehingga zona-zona yang sudah kita rencanakan nanti semuanya akan terisi," imbuhnya.

Baca Juga: Mayapada Bangun RS di IKN, Jokowi: Jangan Lupakan Pasien BPJS!

Jokowi meyakini para investor bakalan berbondong-bondong datang ke IKN. Apalagi ketika nanti infrastruktur jalan tol dan bandara telah selesai. 

Untuk diketahui, hari ini Jokowi meninjau langsung pembangunan jalan tol IKN yang progresnya sudah mencapai 55 persen. Termasuk melakukan groundbreaking Bandara VVIP IKN. Juni 2024 mendatang, ia menarget keduanya sudah bisa dipakai.

"Saya yakin kalau semuanya memulai dan jalan, airport itu selesai, akan berbondong-bondong investor datang ke Nusantara," ungkapnya.