Politik

Resmi, Saidi Mansyur – Said Idrus Ditetapkan Sebagai Pasangan Terpilih Pilkada Banjar 2020

apahabar.com, MARTAPURA – KPU resmi menetapkan H Saidi Mansyur – Said Idrus Al-Habsyie sebagai pasangan calon Bupati…

Pasangan H Saidi Masyur – Said Idrus Al-Habsyie ditetapkan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar terpilih Pilkada 2020, Jumat (19/2). Foto-apahabar.com/hendralianor

apahabar.com, MARTAPURA– KPU resmi menetapkan H Saidi Mansyur – Said Idrus Al-Habsyie sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar terpilih Pilkada 2020.

Rapat pleno penetapan digelar di TreePark Hotel Jl A Yani KM 6.2 Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Jumat (19/2).

Ketua KPU Banjar, H Muhaimin, mengatakan penetapan ini dilakukan setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 16 Februari lalu yang menyatakan gugatan dari Paslon 02 dan 03 di-Dismissal.

“Tanggal 17 Februari kami mendapatkan salinan putusan. Inilah yang menjadi dasar kami untuk penetapan ini,” ujar Muhaimin kepada wartawan.

Untuk pelantikan nantinya, kata Muhaimin, pemerintah daerah sebagai leading sector yang menentukan.

“Kami hanya menyerahkan surat pengantar, salinan perolehan hasil, dan berita acara penetapan pasangan terpilih hari ini,” tandas Muhaimin.

Sementara Ketua KPU Kalsel, Sarmuji, mengucapkan syukur bahwa putusan MK untuk sengketa Pilkada Banjar lebih cepat dari sengketa yang lainnya di Kalsel.

“Karena dengan kondisi saat ini, tentunya dibutuhkan kepala daerah yang segera memulihkan pasca banjir dan pandemi Covid-19,” kata Sarmuji.

Calon Bupati Banjar terpilih, H Saidi Mansyur, mengakui masih
banyak PR yang harus diselesaikan pascabanjir dan kondisi yang pandemi yang belum juga usai.

“Kami bersama Habib Idrus akan melakukan langkah-langka preventif, seperti pemulihan ekonomi dan perbaikan-perbaikan infrastruktur sesuai kemampuan daerah,” jelas Saidi Mansyur.

Sekadar diketahui, pasangan Saidi – Said Idrus ditetapkan KPU Banjar pada 17 Desember 2020 lalu memperoleh suara terbanyak, dengan total 141.619 suara.

Rencananya, pelantikan bakal dilakukan pada 26 Februari mendatang.

Pada rapat pleno penetapan tadi, turut hadir Ketua KPU Kalsel, Bawaslu Banjar, Plh Bupati Banjar, Forkopimda, stakeholder terkait, perwakilan pasangan calon, dan perwakilan partai politik.