Resmi Jabat Kapolres Tabalong, Anib Bastian Langsung Tekankan Program Prioritas

Tampuk kepemimpinan Kapolres Tabalong resmi berganti dari AKBP Riza Muttaqin ke AKBP Anib Bastian

Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian melakukan tradisi ada potong batang tebu sebelum resmi bertugas. Foto: apahabar.com/Muhammad Al-Amin

apahabar.com, TANJUNG - Tampuk kepemimpinan Kapolres Tabalong resmi berganti dari AKBP Riza Muttaqin kepada AKBP Anib Bastian.

Setelah dilakukan serah terima jabatan di Polda Kalimantan Selatan pada 9 Januari 2022 lalu, Anib resmi menjejakkan kaki di Polres Tabalong, Kamis (12/1).

Penyambutan Anib bersama Ketua Bhayangkari dilakukan melalui sejumlah rangkaian. Mulai dari tarian penyambutan, pemotongan batang tebu dengan mandau dari Suku Dayak Deah, hingga prosesi pedang pora.

Dalam kesempatan tersebut, Anib Bastian juga mengharapkan dukungan dari seluruh personel di Polres Tabalong agar bersama-sama menjalankan tugas dengan baik. Selain tidak memantik keluhan masyarakat, juga tidak mendapat teguran dari pimpinan. 

"Pelaksanaan tugas yang dilakukan sesuai tupoksi masing-masing, sehingga semuanya bisa berjalan dengan kondusif, aman dan tertib, serta bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat," papar Anib Bastian.

"Kemudian prestasi-prestasi yang sudah dicapai selama kepemimpinan Kapolres sebelumnya, juga bisa ditingkatkan lagi karena semuanya bermuara untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat," pintanya.

Anib menegaskan bahwa sepanjang 2022, banyak sekali kejadian yang menurunkan citra kepolisian di masyarakat. Lantas seiring arahan Presiden, tingkat kepercayaan mulai membaik hingga 65 persen. 

"Terkait pengukuran kinerja masing-masing satuan, saya menginginkan semua jajaran melaksanakan operasi setiap bulan, tiga bulan atau enam bulan. Tentunya kebijakan dalam penilaian kinerja berjalan dengan transparan," tegas Anib.

Sementara AKBP Riza Muttaqin yang akan menempati tugas baru sebagai Kapolres Balangan, berterima kasih kepada personel dan seluruh masyarakat Tabalong yang telah memberikan dukungan.

"Alhamdulillah selama kurang lebih 1,5 tahun menjadi Kapolres Tabalong, situasi dan kondisi berjalan aman tertib. Namun kalau tak bisa memuaskan masyarakat dari segi pelayanan, penegakan hukum dan perlindungan menyeluruh, saya memohon maaf sebesar-besarnya," papar Riza.

Riza juga meminta doa kepada masyarakat Tabalong mendapat perlindungan dari Allah SWT dan dimudahkan dalam menjalankan tugas selama menjabat Kapolres Balangan. 

"Saya berharap kepada semua personel Polres Tabalong untuk mendukung dan membantu penuh pejabat baru dalam bertugas," tandas Riza.