Resahkan Warga Padang Panjang Tabalong, Polsek Tanta Langsung Amankan Diduga ODGJ

Polsek Tanta merespon cepat keresahan warga di Desa Padang Panjang, Kecamatan Tanta, Tabalong terkait adanya diduga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Polsek Tanta mengamankan diduga ODGJ yang meresahkan warga di Desa Padang Panjang. Foto: SC video di grup WA di Tabalong

apahabar.com, TANJUNG - Polsek Tanta langsung merespon keresahan warga di Desa Padang Panjang, Kecamatan Tanta, Tabalong terkait dugaan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berkeliaran membawa senjata tajam.

Respon tersebut dengan mendatangi tempat ODGJ itu berdiam di Desa Padang Panjang, Senin (8/1/2023).

Di sana polisi yang didampingi Kepala Desa Padang Panjang, Bumukti, mengamankan diduga ODGJ tersebut beserta sajam dan 2 besi panjang.

Diketahui pria yang diduga ODGJ itu berinisial Su (57), warga Desa Banua Anyar, Kecamatan Kandangan, Hulu Sungai Selatan.

Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian, melalui Kasi Humas Iptu Joko Sutrisno, mengatakan, usai diamankan pria tersebut dibawa ke Mapolsek Tanta.

"Selanjutnya diserahkan dan dibawa ke rumah singgah ke Dinsos Tabalong untuk penanganan lebih lanjut," jelasnya.

"Bila dalam 1x24 jam dari pihak keluarga di Kandangan tidak menjemput maka akan diantar oleh pihak rumah singgah Dinas Sosial Tabalong ke rumahnya di Kandangan, Hulu Sungai Selatan," imbuh Joko. 

Baca Juga: Warga Padang Panjang Tabalong Diresahkan Diduga ODGJ Berkeliaran Bawa Sajam

Menurut Joko, dari pemeriksaan awal yang dilakukan Unit Reskrim Polsek Tanta didapat kesimpulan tidak ada motif lain dari tindakan diduga ODGJ tersebut.

"Apa yang dilakukannya kemarin murni tindakan tidak dalam kendali kesadarannya," ungkapnya.

Joko mengucapkan terima kasih  kepada masyarakat dan rekanan wartawan di Tabalong yang sudah melaporkan peristiwa ini ke Polres Tabalong sehingga cepat ditindak lanjuti. 

Terpisah, Kepala Desa Padang Panjang, Bumukti, mengapresiasi respon cepat yang dilakukan jajaran kepolisian dalam hal ini Polsek Tanta terkait keresahan warganya itu.

"Kami ucapkan terima kasih telah mengamankan orang yang diduga ODGJ itu, kini masyarakat telah aman beraktifitas di kebun maupun para pengendara yang lewat di sana," tutupnya.