Rencana Kerja Perangkat Daerah Tala Fokus Empat Prioritas Pembangunan di 2024

Pemkab Tala menggelar Forum Komunikasi Publik (FKP) tentang Rencana Kerja Perangkat Daerah atau RKPD 2024, di Balai Mangkubumi Bappeda Tala, Selasa (17/1/2023).

Bupati Tala HM Sukamta saat membuka rapat forum komunikasi pimpinan terkait RKPD 2024. Foto-Ist

apahabar.com, PELAIHARI - Pemkab Tala menggelar Forum Komunikasi Publik (FKP) tentang Rencana Kerja Perangkat Daerah atau RKPD 2024, di Balai Mangkubumi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Selasa (17/1/2023).

Bupati Tala HM Sukamta membuka acara itu menyampaikan ada empat prioritas pembangunan menjadi fokus dalam penyusunan rancangan awal RKPD Tala 2024.

Menurutnya, empat prioritas tersebut di antaranya, peningkatan daya saing dan sumber daya manusia, peningkatan daya saing perekonomian dan investasi, penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik, serta peningkatan layanan dasar, kualitas infrastruktur dan lingkungan hidup.

"Dari empat prioritas tersebut, ada 21 sasaran capaian. Setiap SKPD harus memiliki startegi dan indikator dalam mengimplementasikan prioritas ini," kata Sukamta.

Menurutnya implementasi terhadap prioritas ini tidaklah mudah. Diharapkan seluruh stakeholder dapat terlibat secara optimal.

"Ini bukan pekerjaan mudah, tidak dapat dikerjakan satu atau dua orang apalagi SKPD saja. Butuh sinergi, kolaborasi dan diskusi intensif seperti salah satunya yang FKP hari ini," ujarnya.

Pada kesempatan itu dari masing-masing SKPD terkait memaparkan materi tentang Proyeksi Pendapatan dan Potensi Peningkatan Pendapatan Daerah Tahun Anggaran (TA) 2024.

Selain itu, pemaparan tentang Capaian Indikator Makro Tahun 2022 dan Penyampaian Rancangan Awal RKPD 2024 yang disampaikan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tala, Andris Evony.

Selanjutnya Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tala Muhammad Darmin menyampaikan Proyeksi Kemampuan Belanja dan Prediksi Tantangan Penatausahaan Keuangan Daerah TA 2024.

Kegiatan FKP kali ini ditutup dengan penandatanganan berita acara oleh Bupati Tala serta perwakilan peserta dari SKPD dan tokoh masyarakat.

Baca Juga: Petani Jagung di Tala Rasakan Manfaat Program Gapura Karomah Berupa Pinjaman Tanpa Bunga