Lebaran 2023

Ratusan Ribu Jemaah Hadiri Salat Id di Masjid Istiqlal

Ratusan ribu orang memadati Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, untuk melaksanakan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah pada Sabtu (22/4) pagi.

Ratusan ribu jemaah memadati Masjid Istiqlal Jakarta Pusat untuk melaksanakan salat Id. Foto: apahabar.com/Dian Finka

apahabar.com, JAKARTA - Ratusan ribu orang memadati Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, untuk melaksanakan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah pada Sabtu (22/4) pagi.

Pantauan apahabar.com, jemaah sudah berduyun-duyun berdatangan ke salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara ini sejak pukul 05.15 WIB. Jemaah terdiri dari laki-laki dan perempuan dari kalangan muda dan tua.

Mereka membawa perlengkapan ibadahnya sendiri, mulai dari sajadah hingga mukena. Tampak seluruh jemaah mengenakan masker.

Gema takbir selalu dikumandangkan seraya diucap ulang para jemaah. 

Baca Juga: Salat Id di Masjid Istiqlal Diprediksi Diikuti 250 Ribu Jemaah

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, K.H Nasaruddin Umar mengungkapkan bahwa penceramah ibadah salat Id itu akan diisi dengan penceramah Rektor UIN Jakarta.

Imam Besar Masjid Istiqlal menerangkan bahwa mengingat ibadah tersebut masuk ke dalam agenda kenegaraan, maka pihaknya pun telah mempersiapkan sejumlah protokol acara kenegaraan.

Sebab nantinya yang akan menghadiri ibadah salat id tersebut merupakan baik dari kalangan pejabat negara salah satunya ialah Wakil Presiden RI, K.H Maruf Amin, hingga kedatangan Anies Baswedan serta masyarakat luas.

Baca Juga: Polres Jakut Siap Amankan Malam Takbiran dan Salat Id

"Kemudian insya Allah tamu yang akan datang, yang sudah konfirmasi bahwa Pak Wapres dan sejumlah menteri serta ada beberapa duta besar," ungkapnya.