Nasional

Ratusan Peserta Lolos Tes Psikologi Seleksi Calon Inspektur Polisi

apahabar.com, JAYAPURA – 338 dari 530 peserta lulus tes pemeriksaan psikologi seleksi pendidikan Sekolah Inspektur Polisi…

Suasana tes pemeriksaan psikologi seleksi pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan ke 49 TA 2020 yang digelar di Aula Elsama Numberi SPN Polda Papua, Kota Jayapura. Foto: Humas Polda Papua/Antara

apahabar.com, JAYAPURA – 338 dari 530 peserta lulus tes pemeriksaan psikologi seleksi pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan ke 49 TA 2020 yang digelar di Aula Elsama Numberi SPN Polda Papua, Kota Jayapura.

Tes psikologi itu dilaksanakan sejak Senin pekan ini kemudian dilanjutkan dengan tes keswa dan EKG.

“Pemeriksaan psikologi SIP angkatan ke 49 TA 2020 dibuka oleh Kepala Biro SDM Polda Papua, Kombes Pol M Yudi Hartanto selaku Ketua Pelaksana dan didampingi Pengawas Internal Irwasda Polda Papua, Kombes Pol Mulyadi Kaharni,” jelas Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal di Kota Jayapura, Rabu (29/1) dilansir apahabar.com dari Antara.

Pada momentum itu, tambah dia Kombes Pol M Yudi Hartanto menyampaikan agar para peserta harus tenangkan pikiran, untuk melaksanakan ujian psikologi, karena psikologi yang diujikan saat ini merupakan kebiasaan kehidupan anda yang sudah dilaksanakan sehari-hari.

“Ingat kalian berkompetisi dan nilai akan dipaparkan usai ujian, jadi tidak ada waktu untuk memperbaiki nilai kalian. Tolong hasil nilai kalian dicatat dan dirumuskan agar tidak ada dusta diantara kita, kelulusan ada pada diri anda semuanya, panitia hanya sebagai fasilitator,” jelas Kamal mengutip penyampaian M Yudi.

Secara terpisah Irwasda Polda Papua, Kombes Pol Mulyadi Kaharni meminta agar para peserta ikuti semua tahapan tes dengan jujur.

“Para peserta harus ikut tes ini jujur, percaya dengan kemampuan diri sendiri. Saya menghimbau untuk tenang, tertib dalam mengerjakan soal ujian. Selamat mengikuti ujian dan semoga sukses,” lanjutnya.

Dalam tes psikologi ada tiga mata ujian yang dilaksanakan diantaranya kecerdasan sebanyak 100 soal, kepribadian 108 soal dan kecermatan sebanyak 500 soal, dengan waktu kurang lebih seratus enam puluh menit dan pelaksanaan ujiannya panitia membagi peserta menjadi 16 kelas yang diawasi langsung oleh Pengawas Internal Itwasda dan Bid Propam Polda Papua.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bidang Propam Polda Papua, Kombes Pol FS Napitupulu, Kepala Sekolah Polisi Negara Polda Papua, Kombes Pol Taufik Irfan selaku Kepala Tim Psikolog Seleksi Sespimma Polda Papua.

Kepala Bagian (Kabag) Dalpers Polda Papua, AKBP Gatot Suprasetya, Kabag Psikolog Ro SDM Polda Papua, AKBP Penri Erison, Kasubbag Psipol Ro SDM Polda Papua, Kompol Irfan Atria S.Psi, Tim Psikologi Ro SDM Polda Papua dan peserta SIP TA 2020.

Baca Juga: Gagas Hutan PWI, Menteri LHK Dukung Hari Pers di Kalsel

Baca Juga: Thailand Konfirmasi 6 Penderita Virus Corona, Total Jadi 14 Kasus

Editor: Fariz Fadhillah