Ratusan Mahasiswa Universitas Borneo Lestari Wisuda, Langsung Dilantik Sebagai Nakes!

Sidang Terbuka Senat Universitas Borneo Lestari (UNBL), Wisuda Sarjana dan Diploma Tiga serta Mengambil Sumpah Tenaga Kesehatan ke-1 di Dafam Banjarbaru.

Sidang Terbuka Senat Universitas Borneo Lestari, Wisuda Sarjana dan Diploma Tiga serta Mengambil Sumpah Tenaga Kesehatan ke-1 digelar di Ballroom Grand Q Dafam Hotel Banjarbaru, Kamis (3/10). foto-UNBL.

apahabar.com, BANJARBARU - Universitas Borneo Lestari (UNBL) Banjarbaru, Kalimantan Selatan sukses meluluskan ratusan mahasiswa di bidang kesehatan. Mereka yang lulus langsung dilantik dan diambil sumpah sebagai tenaga kesehatan (nakes).

Sidang Terbuka Senat Universitas Borneo Lestari, Wisuda Sarjana dan Diploma Tiga serta Mengambil Sumpah Tenaga Kesehatan ke-1 digelar di Ballroom Grand Q Dafam Hotel Banjarbaru, Kamis (3/10).

Total 240 mahasiswa diwisuda terdiri dari Program Studi Diploma Tiga (D3) Farmasi, D3 Analis Kesehatan, dan Sarjana Farmasi yang dipimpin Rektor UNBL, Dr HM Muslim SPd MKes.

HM Muslim mengatakan mahasiswa yang diwisuda telah dibekali ilmu pengetahuan sesuai dengan kompetensi program studi masing-masing, serta diajarkan dan dituntut professional dalam menjalankan tugas sebagai tenaga kesehatan.

Sidang Terbuka Senat Universitas Borneo Lestari, Wisuda Sarjana dan Diploma Tiga serta Mengambil Sumpah Tenaga Kesehatan ke-1 di Ballroom Grand Q Dafam Hotel Banjarbaru, Kamis (3/10). Foto-UNBL

Tak hanya itu, lanjut mantan Kepala Dinas Kesehatan Kalsel ini, pihaknya juga membekali dan mendorong mahasiswanya menjadi seorang enterpreneur, agar dapat mengembangkan kreasi dan potensi diri, sehingga tidak hanya menunggu pekerjaan tapi diharapkan ikut menciptakan lapangan kerja.

"Harapanya dapat meningkatkan pembangunan tenaga kesehatan di Kalimantan Selatan serta dapat bersinergi dan lebih cepat lagi mencetak tenaga kesehatan yang berkompeten dan profesional, serta tahan terhadap perkembangan kemajuan zaman, terlebih di zaman yang semuanya serba digital saat ini," papar Muslim.

Sidang Terbuka Senat Universitas Borneo Lestari, Wisuda Sarjana dan Diploma Tiga serta Mengambil Sumpah Tenaga Kesehatan ke-1 di Ballroom Grand Q Dafam Hotel Banjarbaru, Kamis (3/10). Foto-UNBL.

Dalam rangkaian wisuda, lulusan D3 Farmasi diambil sumpahnya sebagai tenaga teknis kefarmasian yang dipimpin langsung Sekjen Pengurus Daerah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kalimantan Selatan, Drs Yasin Rusman SE MM.

Kemudian pengambilan sumpah lulusan D3 Analis Kesehatan dipimpin Ketua Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki) Kalimantan Selatan.

Selain diambil sumpah sebagai tenaga kesehatan, mereka juga dilantik menjadi tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan Kalsel oleh Drs H Akhmad Yanie MSi Apt.

Sekedar diketahui, wisuda ini merupakan pertama kalinya sejak kampus berstatus universitas pada Juni 2022 lalu. Sebelumnya STIKES Borneo Leatari dan Akademi Analis Kesehatan Borneo Lestari, dua sekolah tinggi yang kini digabung menjadi satu.

UNBL Banjarbaru sendiri menjadi perguruan tinggi Swasta pertama dan satu-satunya di Kalimantan yang memiliki Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA), sebagai wadah pendidikan profesi untuk mendapatkan gelar apoteker bagi sarjana farmasi, serta didukung dengan laboratorium Computerized Base Test (CBT) dan Laboratorium OSCE yang telah tersertifikasi dari LPUK-Nakes.

Sekarang Universitas Borneo Lestari memiki mahasiswa lebih dari 1500 orang dengan 65 Dosen berkualifikasi minimal magister (S2). Terus berkomitmen untuk berkembang baik dari segi Sumber daya manusia maupun sarana prasarana.

Salah satunya yang sedang berjalan adalah program beasiswa untuk Studi Lanjut S2 dan S3 serta pembangunan auditorium seluas 500 meter persegi di lingkungan kampus.