RAPBD 2024 Masih Fokus pada Infrastruktur dan SDM

Pembangunan  infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) masih menjadi fokus dalam Rancangan APBD Kota Banjarbaru di Tahun Anggaran (TA) 2024.

Rapat Paripurna di DPRD Banjarbaru. Foto : apahabar/Fida

apahabar.com, BANJARBARU - Pembangunan  infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) masih menjadi fokus dalam Rancangan APBD Kota Banjarbaru di Tahun Anggaran (TA) 2024.

Pada rapat paripurna dengan agenda pembacaan pandangan fraksi terhadap Rancangan APBD tahun 2024 beberapa waktu lalu, hal itu tidak langsung disetujui oleh Anggota DPRD Kota Banjarbaru.

Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Fadliansyah Akbar mengatakan, berdasarkan hasil Rapat Paripurna itu, ketujuh fraksi di DPRD Kota Banjarbaru sepakat untuk terlebih dahulu dibahas lebih dalam bersama pihak Pemkot.

"Fraksi-fraksi melalui pemandangan umum menyatakan setuju Raperda APBD 2024 dibahas bersama-sama Badan Anggaran dan tim Pemkot," ucap Fadli, Rabu (20/9).

Ketujuh fraksi yang dia maksud itu yakni Fraksi Gerindra, Golkar, PPP, Nasdem, PKB, Fraksi PDIP dan Fraksi 'Kesan' yang merupakan gabungan PKS dan PAN.

"Kami melalui Badan Anggaran (Banggar) tentu akan melakukan pembahasan R-APBD badan anggaran bersama Pemkot," ungkapnya.

Pembahasan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana manfaat program terhadap kepentingan masyarakat yang tentu harus lebih diprioritaskan.

Menurut Fadli, pihaknya akan mendukung program yang sudah direncanakan pemkot dalam Rancangan APBD 2024 tersebut asal sesuai dengan kebutuhan.

"Sesuai kebutuhan, bukan karena keinginan. Supaya hasilnya bisa maksimal dirasakan masyarakat," tekannya

Seperti pembangunan infrastruktur baik jalan dan jembatan, fasilitas air bersih termasuk program pendidikan dan kesehatan yang harus dipenuhi pemerintah demi masyarakat.

"Program yang berpihak terhadap masyarakat tentu kami dukung dan diharapkan terealisasi sesuai apa yang direncanakan sehingga seluruh hasil dirasakan masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru, M. Aditya Mufti Ariffin menjelaskan proyeksi Rancangan APBD 2024 ada di angka sekitar Rp1,39 triliun.

"Ada kenaikan sekitar hampir Rp200 miliar dibanding dengan anggaran di tahun 2023,” katanya.

Meski demikian, Aditya bilang bahwa seluruh fraksi di DPRD Banjarbaru menyetujui agar Rancangan APBD tahun 2024 ini untuk dibahas.

"Kami sangat menghargai dan mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih atas persetujuan dan dukungan semua fraksi," ungkapnya.

Aditya juga menjawab berbagai pertanyaan dari setiap fraksi dan akan menerima setiap saran sesuai dengan tujuan utama dari pembahasan ini tercapainya program-program untuk kemaslahatan masyarakat Kota Banjarbaru

Walikoota berharap, target pendapatan serta dana transfer sesuai dengan proyeksi. Serta pembahasan terkait RAPBD TA 2024 ini dapat sesuai dengan program yang diajukan Pemkot.

"Sesuai program Pemkot, sehingga bisa mewujudkan apa yang dibahas sesuai program-program yang diajukan Pemko, terutama yang masih kita fokuskan yakni pembangunan pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan pelayanan publik lainnya,"  pungkasnya.