Puting Beliung Terjang Desa Timbaan Tapin, 3 Rumah Warga Rusak

Bencana angin puting beliung kembali melanda Kabupaten Tapin, akibatnya tiga rumah yang rusak dengan kerugian ditaksir mencapai puluhan juta, Minggu (20/10).

Oleh Sandy
Personel BPBD Tapin saat melakukan pendataan warga terdampak angin puting beliung di Desa Timbaan, Tapin Selatan. Foto: BPBD Tapin

bakabar.com, RANTAU – Bencana angin puting beliung kembali melanda Kabupaten Tapin. Akibatnya tiga rumah yang rusak dengan kerugian ditaksir mencapai puluhan juta, Minggu (20/10).

Angin kencang yang terjadi sekitar pukul 16.20 Wita mengakibatkan kerusakan rumah warga di Desa Timbaan, Kecamatan Tapin Selatan.

Berdasarkan laporan yang diterima Pusdalops-PB BPBD Tapin, rumah milik Hj Ruhani dan Jumaidi di RT 01 RW 01 Desa Timbaan mengalami kerusakan masing-masing 50 persen dan 10 persen. Adapun total kerugian diperkirakan mencapai Rp2,5 juta.

Angin puting beliung juga merusak rumah Asikin di RT 06 RW 03 Desa Timbaan.  Rumah Asikin mengalami kerusakan berat dengan kerugian mencapai Rp75 juta.

Tidak lama setelah kejadian, BPBD Tapin langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan groundcheck dan pendataan warga terdampak.

"Angin kencang yang disertai hujan lebat mengakibatkan beberapa atap rumah warga terangkat. Bahkan salah satu rumah mengalami kerusakan berat," jelas Rezeki Ari Fauzi, Operator Pusdalops-PB BPBD Tapin.

"Kami sudah melakukan pendataan dan penanganan lebih lanjut sedang direncanakan," tambahnya.