Harjad Banjarmasin

Puncak Harjad Banjarmasin, RSUD Sultan Suriansyah Resmi Beroperasi

apahabar.com, BANJARMASIN – RSUD Sultan Suriansyah resmi beroperasi, Selasa (24/09). Grand opening peresmian rumah sakit tersebut…

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, saat melihat di salah satu ruangan RSUD Sultan Suriansyah. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – RSUD Sultan Suriansyah resmi beroperasi, Selasa (24/09). Grand opening peresmian rumah sakit tersebut dilakukan oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, didampingi Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah.

Peresmian itu ditandai dengan pemotongan karangan bunga melati sekaligus penandatangan prasasti oleh Ibnu Sina dan disaksikan langsung para pejabat di lingkup Pemko Banjarmasin. Momentum itu begitu istimewa karena bertepatan dengan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke – 493.

Ibnu Sina mengharapkan peresmian RSUD Sultan Suriansyah dapat mengakomodir sebagian masyarakat yang selama ini belum mendapatkan layanan kesehatan secara maksimal.

“Semoga bisa melayani warga yang mungkin belum terlayani dengan baik,” ucap Ibnu.

Rumah sakit itu dibangun di pinggir sungai Jalan Rantau Darat. Karena posisinya itu, masyarakat yang tinggal di bantaran sungai kini tak perlu jauh-jauh jika ingin memeriksakan kesehatannya. Rencananya, tahun depan Pemko Banjarmasin akan membangun dermaga yang langsung terhubung ke IGD.

“Ambulance sungainya sudah disiapkan sehingga cepat melayani warga hingga di bagian selatan ujung,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Machli Riyadi, menargetkan RSUD Sultan Suriansyah dapat melayani pengguna BPJS paling lambat awal tahun 2020 nanti.

“Karena kita masih perlu proses verifikasi untuk akreditasi rumah sakit. Jika itu sudah selesai maka secepatnya juga bisa melayani pasien BPJS,” pungkasnya.

Saat ini, RSUD Sultan Suriansyah sudah memiliki 12 poliklinik dan satu laboratorium yang sudah dibuka untuk melayani masyarakat yaknu poliklinik anak, kebidanan, kandungan, bedah, penyakit dalam, syaraf, rehabilitasi medik, THT, jiwa, gigi dan mulut, gizi, patologi anatomi, dan MCU. (Adv)

Baca Juga: Jelang Puncak Harjad Banjarmasin, Restoran Terapung Selesai 95 Persen

Baca Juga: Berpartisipasi Meriahkan Harjad Banjarmasin, Ini Langkah Seorang Penambal Ban

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Puja Mandela