Arus Balik 2023

Puncak Arus Balik, 85.392 Kendaraan Melintasi Magelang

Arus balik di Magelang sangat terasa. Jalan-jalan di lingkar luar Kota Magelang dipadati kendaraan yang menuju Jakarta, Solo dan Semarang.

Kemacetan di Lingkar Luar Kota Magelang, Senin (1/5) (apahabar.com/arimbihp)

Apahabar.com, Magelang - Hari terakhir libur Lebaran menjadi puncak arus balik. Hal itu terlihat di lingkar luar Kota Magelang dipadati pemudik.

"Jumlah kendaraan terbanyak terjadi pada Senin (1/5) dengan jumlah kendaran 85.392," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Magelang, Candra Wijatmiko Adi kepada apahabar.com, Senin (1/5).

Menurut dia, wilayah terpadat berada di lingkar luar Kota Magelang, Batas Kota, Simpang Canguk, Simpang Menowo, dan Simpang Armada Town Square.

Baca Juga: Kendaraan Lewati Magelang dari Lebaran hingga Arus Balik Capai 70 Ribu

Candra mengatakan kepadatan didominasi kendaraan beroda empat yang hendak ke luar Magelang menuju arah Jakarta, Solo, dan Semarang.

"Untuk mengantisipasi adanya kepadatan lalu lintas di Kota Magelang, kami melakukan rekayasa lalu lintas dan fase apill," ujarnya.

Selain itu, Candra mengatakan, pihaknya juga menjadikan mode flashing pada apill untuk mengurai kemacetan.

"Sesuai dengan himbauan Presiden RI bahwa pelaku mudik untuk dapat menunda perjalanan balik dari tanggal 26 April hingga tanggal 2 Mei 2023, maka kami memprediksi akan terjadi kepadatan lalu lintas sampai Senin ini," paparnya.

Meski demikian, ia juga memprediksi setelah hari ini, lalu lintas akan berangsur normal kembali.

"Beberapa Traffic light  masih kami matikan, seperti di Alun-Alun dan Simpang Canguk, besok sudah nyala kembali," tukasnya.