Kalsel

Puluhan Pelajar SMA Se-Banjarmasin Dapat Pencerahan Keimigrasian

apahabar.com, BANJARMASIN – Puluhan siswa kelas 3 SMA-SMK se-Banjarmasin mendapat pencerahan seputar keimigrasian dari Kantor Imigrasi…

Puluhan siswa kelas 3 SMA-SMK se-Banjarmasin mendapat pencerahan seputar keimigrasian dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin di Hotel Tree Park Banjarmasin, Kamis (18/7) pagi. Foto-apahabar.com/Eddy Andriyanto

apahabar.com, BANJARMASIN – Puluhan siswa kelas 3 SMA-SMK se-Banjarmasin mendapat pencerahan seputar keimigrasian dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin di Hotel Tree Park Banjarmasin, Kamis (18/7) pagi.

35 siswa dan sejumlah tenaga pendidik dari 7 sekolah tersebut tampak antusias menyimak materi ‘Sekilas Keimigrasian’ yang dibawakan Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Kasi Tikim) Aditiyo Nugroho dan Kepala Sub Seksi Teknologi Informasi Imigrasi, Iman Kumontoy.

Sejumlah materi disampaikan seperti sejarah keimigrasian, pelayanan keimigrasian, syarat-syarat pembuatan paspor, fungsi paspor, hingga langkah yang harus dilakukan jika paspor rusak atau hilang. Selain itu, para siswa juga diperkenalkan sekolah keimigrasian, bagi yang ingin berkiprah di imigrasi.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin Syahrifullah, pengetahuan keimigrasian sangat penting diberikan kepada generasi muda untuk menambah wawasan dan kesadaran mereka akan pentingnya dokumen-dokumen keimigrasian, maupun prosedur dalam mengurus dokumen-dokumen imigrasi yang dibutuhkan.

“Sosialisasi ini, dimaksudkan untuk mengenalkan imigrasi kepada masyarakat, khususnya di kalangan pelajar tentang apa dan fungsi imigrasi. Jadi imigrasi itu tidak hanya membuat paspor saja, namun ada hal lain yang berhubungan langsung dengan keimigrasian," kata Syahrifullah kepada awak media di sela sela acara.

Syahrifullah sengaja menyasar para pelajar untuk diberikan pemahaman seputar keimigrasian dikarenakan mereka memiliki peran yang potensial sebagai duta imigrasi.

“Kami berharap agar para pelajar sekalian dapat menyampaikan kembali informasi keimigrasian kepada teman-teman, keluarga dan bahkan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya. Sehingga mereka juga dapat mengetahui tentang keimigrasian,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala Sub Seksi Informasi dan Komunikasi, Yuli Prihartono mengaku sengaja mengumpulkan mereka sebagai cikal bakal generasi muda yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Kita kan memiliki sekolah Politeknik Imigrasi setara S1. Kalau sosialisasi ini kami sasar mahasiswa, tidak mungkin dong. Jadi kami sasar para pelajar khususnya mereka yang sudah kelas tiga. Siapa tahu mereka ada yang berminat melanjutkan ke Politeknik Imigrasi,” ucap

Dalam kesempatan ini, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin turut menghadirkan enam taruna untuk mempromosikan Politeknik Imigrasi kepada para pelajar.

Baca Juga: Berbekal Teori Matematika, Siswa SMA Jakarta Atasi Sampah via Aplikasi

Baca Juga: Kantor Staf Presiden Diisi Anak Muda, Mahasiswi ULM Terinspirasi 'Sophismata'

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Fariz Fadhillah