PTAM Bandarmasih Jamin Pasokan Air Bersih di Banjarmasin Saat Musim Kemarau Aman

PTAM Bandarmasih menjamin pasokan air bersih ke warga Kota Banjarmasin tetap aman meski musim kemarau.

PTAM Bandarmasih menjamin pasokan air bersih ke warga Kota Banjarmasin tetap aman meski musim kemarau. Foto: PTAM Bandarmasih

bakabar.com, BANJARMASIN - PTAM Bandarmasih menjamin pasokan air bersih ke warga Kota Banjarmasin tetap aman meski musim kemarau.

Debit air yang ada intake PTAM Bandarmasih masih cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih pelanggan.

“Meski sudah masuk musim kemarau, namun untuk ketersedian air baku kita masih terbilang aman, dan dapat diolah menjadi air bersih,” ujar Direktur Utama (Dirut) PAM Bandarmasih, Muhammad Ahdiat, Selasa (24/9/2024).

Meski status siaga sudah ditetapkan, lanjut Ahdiat, namun untuk sumber air baku yang ada pada intake PAM Bandarmasih belum sepenuh terkontaminasi dengan air laut.

“Dari hasil pemeriksaan tim di lapangan pada jam 5 subuh tadi sempat mengalami kenaikan diangka 228 ppm yang mana normalnya 250 ppm , dan pada jam-jam berikutnya berangsur turun menjadi normal, jadi masih aman untuk sumber air baku,” kata Ahdiat.

Dirut menjelaskan, status siaga ini diterapkan agar tim di lapangan bisa selalu siap siaga apabila interupsi air laut naik, sehingga tim bisa segera melakukan langkah antisipasi.

Jadi teman-teman di lapangan semakin mengintensifkan pengecekan di intake Sungai Bilu, Sungai Lulut, Sungai Tabuk, dan Pematang.

“Alhamdulillah, untuk intake kita yang ada di Sungai Tabuk dan Pematang masih belum ada kemasukan air garam, dan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kedua intake tersebut interupsi air laut tidak sampai kesana, dan mudah-mudahan tetap seperti itu,” sambungnya.

Ahdiat juga memaparkan, apabila kadar air garam pada intake yang ada mengalami kenaikan melebih batas normal, maka pihaknya akan segera melakukan langkah antisipasi.

“Kalau sudah kadar air garamnya tinggi, maka kita akan melakukan pencampuran air baku dari Intakae Sungai Tabuk dan Pematang, dengan air baku yang dari Intake Sungai Bilu, sehingga saat diolah kadar air garamnya sudah turun,” papar Ahdiat.

Dirut juga menyampaikan, agar para pelanggan tidak perlu khawatir akan adanya gangguan distribusi air bersih. Pasalnya PAM Bandarmasih akan terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

“Dengan kondisi saat ini, kita semaksimal mungkin agar pelayanan tidak terganggu, dan kalaupun terganggu akan kami minimalkan seminimal mungkin,” pungkasnya.