Pemkab Balangan

Program BNNK, Bupati Abdul Hadi Aspresiasi 3 Desa di Balangan Bebas Narkoba

apahabar.com, PARINGIN – Bupati Balangan, Abdul Hadi mengapresiasi kegiatan launching Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Aula…

Bupati Balangan Abdul Hadi, serahkan SK Desa Bersinar kepada Kepala Desa Lungsir. Foto-apahabar.com/Hendry

apahabar.com, PARINGIN – Bupati Balangan, Abdul Hadi mengapresiasi kegiatan launching Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Aula Mayang Maurai, Kompleks Garuda Maharam, Kecamatan Paringin, Senin (11/7) kemarin.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Abdul Hadi beserta jajaran Forkopimda menjadi tamu undangan Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Balangan.

Progam ini digalakkan oleh BNNK Balangan.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Abdul Hadi menyerahkan SK Desa Bersinar kepada kepala tiga kepala desa.

Ada 3 desa yang dijadikan sebagai Desa Bersinar, yakni Desa Lingsir, Matang Hanau dan Desa Sungsum.

Bupati Abdul Hadi mengharapkan, keberadaan Desa Bersinar mampu menekan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika di Kabupaten Balangan.

Terlebih sebagaimana diketahui, kata Bupati Abdul Hadi pada 2019, sebanyak 1,80 persen orang pernah menggunakan narkotika dan 1,30 persen pernah memakai dalam satu tahun terakhir.

“Penyalahgunaan narkoba sudah masuk pelosok desa. Dampaknya berpengaruh pada dana desa, yakni ekonomi desa meningkat, sehingga desa menjadi sasaran bisnis para bandar narkoba,” ucap Abdul Hadi.

“Kita semua tahu ancaman narkoba terhadap generasi penerus dan masa depan bangsa,” imbuhnya.

Lantas kata orang nomor satu di Balangan ini, desa harus memiliki ketahanan dan daya tangkal yang kuat terhadap penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Selain itu, desa juga harus dibangun dengan kegiatan yang berkesinambungan dan positif untuk masyarakat, utamanya kalangan yang rentan narkoba.

Bupati Abdul Hadi juga mengapresiasi dan mendukung penuh upaya perwujudan Desa Bersinar.

Bahkan ia meginstruksikan semua camat dan SKPD terkait untuk menyusun rencana tiap tahun, bertahap, berkesinambungan, menuju perwujudan Desa Bersinar, Balangan Bersinar, Indonesia Bersinar.

Pelaksanaan Desa Bersinar juga didukung penuh oleh PKK Kabupaten Balangan.

Di mana pada launching Desa Bersinar, BNNK Balangan juga bekerja sama dengan PKK setempat untuk mendukung program tersebut.