Kalteng

Presiden Jokowi dan Plt Gubernur Kalteng Apresiasi Peran TNI Ikuti Tangani Covid-19

apahabar com, PALANGKA RAYA — Plt Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail bin Yahya mengikuti Upacara Peringatan…

Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya mengikuti Upacara Peringatan HUT Ke-75 TNI secara virtual. Foto-Istimewa

apahabar com, PALANGKA RAYA — Plt Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail bin Yahya mengikuti Upacara Peringatan HUT Ke-75 TNI secara virtual, dari Aula Makorem 102/PJG, Senin (5/10).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung Upacara Peringatan HUT Ke-75 TNI dari Istana Negara, Jakarta, yang mengusung tema Sinergitas untuk Negeri.

Presiden Joko Widodo memimpin Upacara HUT Ke-75 TNI secara virtual dari Istana Negara, Jakarta. Foto-Istimewa

Kali ini HUT Ke-75 TNI berbeda dari tahun sebelumnya karena diperingati di tengah pandemi corona virus disease atau Covid-19, sehingga dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyatakan banyak kiprah TNI selama perjalanan panjangnya bagi bangsa dan negara.

Perjalanan panjang TNI sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini menunjukkan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Kemudian melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Kontribusi TNI bagi negara tidak hanya melalui operasi militer untuk perang. Tetapi juga dirasakan melalui operasi militer selain perang.

Di antaranya sigap membantu masyarakat yang menghadapi bencana alam hingga kini membantu pemerintah untuk menangani pandemi Covid-19.

Untuk itu, atas nama rakyat Indonesia, Presiden Jokowi menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar dan institusi TNI, prajurit yang sedang bertugas dimanapun.

Selain itu juga kepada para purnawirawan yang telah mewariskan institusi dan prajurit TNI yang selalu berbakti untuk kemajuan negeri dalam dunia yang selalu berubah.

Sementara itu Habib Ismail mengakui peran TNI sangat banyak. Bukan saja menjaga kedaulatan NKRI, tetapi juga TNI aktif di tengah-tengah masyarakat, dalam penanganan segala masalah apapun, baik karhutla, banjir, bahkan penanganan Covid-19.

“Kita lihat peran TNI sangat vital. Kita memberikan apresiasi pada TNI yang benar-benar dekat dengan masyarakat, selalu ada di tengah-tengah rakyat, dan bersinergi dengan siapa saja, dalam hal menjaga NKRI,” imbuh Habib.